Perlunya Memantau Tekanan dan Kondisi Ban Mobil
Reporter: Wisnu Andebar
Editor: Eko Ari Wibowo
Rabu, 9 Mei 2018 16:59 WIB
Ban mobil BMW M 135i terbaru, dalam acara peluncurannya, di Jakarta, Rabu (22/5). TEMPO/Imam Sukamto
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - PT Bridgestone Tire Indonesia kembali mengadakan program tahunan yaitu Kampanye Keselamatan Ban atau Tire Safety Campaign. Program ini diadakan sebagai bentuk edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga kesehatan ban mobil dengan memperhatikan tekanan ban.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Dengan mengusung tema ban sehat anda selamat, Bridgestone mengedukasi pengemudi yang mampir untuk selalu memeriksa kendaraan terutama pada bagian ban. Perlu diketahui pijakan ban yang menyentuh jalan kurang lebih adalah selebar telapak tangan.

Deni Arief Pribadi, Department Manager Training & Product Evaluation PT Bridgestone Tire Indonesia mengatakan bahwa untuk ukuran angin yang ideal memijak jalan bisa diukur sebesar telapak tangan. "Jika tekanan angin kurang atau disebut kempes pijakan ban yang menyentuh jalan semakin lebar, tarikan menjadi berat, yang menyebabkan bahan bakar lebih boros," kata Deni di Rest Area km 57, Tol Jakarta-Cikampek, Selasa, 8 Mei 2018.

Baca: Inilah Pentingnya Rotasi Posisi Ban pada Mobil

Kelebihan angin juga tidak baik, artinya pijakan ban ke jalan lebih kecil dari ukuran telapak tangan. "Ini bisa menyebabkan mobil tergelincir saat melewati jalan yang basah. Maka Bridgestone berikan edukasi melalui Tire Safety Campaign ini," ujarnya.

Acara yang sudah berlangsung lima hari ini sejak dimulai tanggal 2 sampai 12 Mei setiap harinya melayani hingga 100 mobil terlebih dihari Sabtu dan Minggu bisa mencapai 200 mobil.

Mobil yang datang ke stand Bridgestone di Rest Area km 57 akan mendapatkan fasilitas pengecekan semua bagian ban mobil. Yang pertama tekanan angin, kedua kedalaman alur telapak ban, ketiga adakah keausan yang tidak merata, keempat adakah keretakan atau sobekan. semua fasilitas diberikan secara gratis.

Baca: Tip Mengganti Ban Mobil, Ini yang Harus Diperhatikan

Naufal, Petugas Tire Safety memaparkan bahwa yang paling sering ditemukan kerusakan saat pengecekan adalah ban mobil mengalami keausan yang tidak merata. "Baik itu bagian luar atau bagian dalam. Untuk mengatasinya harus melakukan spooring," katanya.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi