Tip Mengganti Ban Mobil, Ini yang Harus Diperhatikan
Reporter: Bisnis.com
Editor: Wawan Priyanto
Selasa, 27 Februari 2018 17:24 WIB
AP/Toby Talbot
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Ban merupakan komponen penting kendaraan karena tanpanya kendaraan tidak bisa berjalan. Tidak hanya berjalan, ban juga sangat mempengaruhi kenyamanan berkendara.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Hanya saja beberapa pengendara kadang tidak dapat mengetahui secara tepat ban apa yang diinginkannya. Mengatasi ketidaktahuan tersebut, pengendara dapat bertanya ke dealer-dealer yang ada karena dealer memiliki tugas mencarikan ban yang sesuai dengan kendaraan.

Baca: Tip Memilih Ban Sepeda Motor di Musim Hujan

Ketika menanyakan ban yang sesuai dengan kendaraan, dealer akan menanyakan kepada pengemudi beberapa hal. Seperti dikutip laman Goodyear Indonesia, berikut ini beberapa hal yang harus dilakukan pengemudi:

  • Kenali Gaya Anda Mengemudi

Dealer mungkin akan menanyakan kebiasaan dan kebutuhan Anda sewaktu mengemudi. Jadi kenali gaya Anda. Selain itu, Anda harus memahami karakteristik ban yang merupakan hal penting.

  • Bacalah Buku Manual

Perakitan mobil sering kali memilih ban OE (original equipment) berdasarkan sejumlah faktor yang mampu mengoptimalkan kemampuan dan handling kendaraan Anda. Buku manual atau petunjuk kendaraan biasanya juga menjelaskan hal ini.

Simak: Ban Tubeless Bocor, Begini Cara Penanganannya

Karena itu, menyampaikan perihal tersebut kepada dealer, akan membantu dealer mencarikan ban yang sesuai dengan rekomendasi pabrikan serta fitur yang sesuai gaya mengemudi Anda.

  • Persiapan Dana Belanja

Ban adalah satu-satunya titik kontak antara mobil dan jalan. Karena itu, mintalah dealer menunjukkan kisaran harga ban di semua kategori yang berbeda.

Hal tersebut akan membantu Anda memilih ban mobil dengan lebih baik karena bisa membandingkan antara fitur, kualitas, dan guna uang dengan maksimal.

BISNIS

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi