Modifikasi Mazda Lawas Habis Rp 180 Juta, Tenaga 536 HP
Reporter: Anwar Siswadi (Kontributor)
Editor: Eko Ari Wibowo
Selasa, 15 Mei 2018 18:32 WIB
Seorang penggemar otomotif, Harry Novarianto, 31 tahun, memodifikasi Mazda MX-5 Miata NB 2001 miliknya dengan konsep street racer. TEMPO/Anwar Siswadi
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Bandung - Harry Novarianto, 31 tahun, memodifikasi Mazda MX-5 Miata NB 2001 miliknya dengan konsep street racer. Mempertahankan penampilan asli sebagai sedan convertible, ia membongkar total mesin berkapasitas 1.800 cc menjadi 2.500 cc. “Tenaganya sampai 536 horse power (HP),” kata Harry.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Dalam ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018 April lalu di Kemayoran, Jakarta, mobilnya menyabet sebelas trofi. “Termasuk The Best Clean Engine,” katanya di Bandung. Selama dua hari akhir pekan lalu, wiraswasta sebuah event organizer di Jakarta itu menjadi peserta kontes Indonesia Auto Modified 2018 pada 12-13 Mei di Graha Manggala Siliwangi, Bandung.

Baca: Daihatsu Gran Max Bekas PT Pos Tampil Kinclong dan Berkelas

Mobil itu bernilai spesial sejak dimiliki Harry dari tangan kawannya. Lewat cara tukar tambah, dia harus menebusnya dengan memberikan sebuah Honda CR-V keluaran 2010 plus duit Rp 100 juta. Selain wujudnya dinilai keren, jumlahnya di Indonesia tergolong langka. “Kabarnya hanya ada sepuluh unit,” ujar Harry.

Modifikasi mobilnya berjalan selama 1,5 tahun. Lamanya tahapan proses karena mesin dan beberapa aksesori serta komponen lain harus diimpor dari Jepang. Proyek modifikasi selanjutnya ingin menyamai mobil serupa di Jepang yang diulik sampai 850 HP. “Biaya modifnya yang ini Rp 180 juta, paling mahal seputar engine,” ucapnya.

Baca: Inilah Mini Cooper Edisi Pernikahan Harry dan Meghan Markle

Proyek modifikasi barunya nanti juga untuk mengatasi masalah karakter mesin yang cepat panas. “Pakai 30 menit sudah serasa bawa mobil empat jam,” tutur Harry. Kondisi itu tidak membuat mesin mati kemudian, tapi kenyamanan di kabin terganggu karena hawa menjadi gerah meskipun atap dibuka atau penyejuk udara diaktifkan.

Meskipun digarap bergaya anak muda dengan suspensi pendek, banyak ibu-ibu yang suka mendekati mobil Mazda itu dalam berbagai acara pameran dan kontes otomotif.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi