Honda CBR1000R 2019 Siap Kalahkan Yamaha YZF-R1
Reporter: Terjemahan
Editor: Eko Ari Wibowo
Kamis, 14 Juni 2018 18:49 WIB
Renderan Honda V4 Superbike. Sumber: youngmachine.com
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Honda Motors baru tahun lalu memperbarui Honda CBR100RR namun dikabarkan tahun 2019 akan mengalami perubahan subtansial. Young Machine, salah satu media otomotif terpercaya asal Jepang mengungkap bahwa Honda akan melakukan revisi bersamaan dengan superbike V4 terbaru. Kemungkinan evolusi Honda CBR1000RR akan total pada 2019 yang saat ini belum mampu menunjukkan pertarungan di dunia balap.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Pabrikan sepeda motor terbesar di dunia ini tampaknya tak mau kalah lagi dari kompetitor. Mesin empat silinder sejajar 1.000cc saat ini digemari oleh para biker dan penjualannya sangat baik berkat sifatnya yang ringan dan mudah dikendarai. Honda telah kehilangan gelarnya hingga tiga kali dalam Kejuaraan Ketahanan Suzuka 8 Jam dari pesaing bebuyutan, Yamaha YZF-R1. Meskipun pada awal debut CBR mulai menunjukkan tajinya dalam perebutan gelar di All Japan Road Race Championship (JSB).

Baca: TVS Apache RR 310 Versi Balap: Top Speed 175 KM per Jam

Namun, Honda tidak puas dengan hal itu. Tujuannya adalah untuk melangkah lebih jauh dengan versi berikutnya dengan mampu mengalahkan para pesaingnya. Menurut sumber Young Machine, meski waktu pengembangannya kurang, namun tujuan menjadikan SC77 mesin yang paling kencang tetap menjadi target utama. Sehingga saat merilis CBR 2017, tak sensasional. Sementara itu, tim pengembangan lain akan menyiapkan dengan versi berikutnya dengan waktu yang lebih panjang, "Dengan tujuan memilikinya dijual pada 2019."

Menurut sumber tersebut, sepertinya akan menjadi versi ultimate tentang versi berikutnya. Motor ini tidak akan merujuk pada model pabrikan lain atau kompetitor namun lebih mendekati Honda RC213V-S. Namun, mesin tetap menggunakan desain empat silinder dengan sejumlah perbaikan untuk mencapai sebuah superbike yang ideal. Untuk mencapainya, Honda akan membuat superbike yang lebih kompak dan lebih ringan dengan sejumlah perombakan bahkan akan lebih ringan dari SC77. Mesin akan dilengkapi dengan rocker arm baru untuk mencapai putaran yang tinggi, dan diharapkan bahwa tenaga akan melebihi Suzuki Suzuki GSX-R1000 mencapai 202bhp.

Baca: Mudik 2018 AHM Berangkatkan 2.625 Konsumen, Motor Diangkut Truk

Pada superbike ini akan menganut rangka berbasis versi 2017 yang menggunakan pro-link. Mesin MotoGP generasi pertama yang mengadopsi Unit Pro-Link tidak menyangga suspensi langsung ke frame, sehingga lebih luas dalam penyetelan rangka. Namun, daya tanggap dan rasa kontrol pada traksinya bisa lebih baik. Harapannya, Honda akan menyematkan sistem transmisi DCT yang membuatnya lebih mudah pengoperasiannya jadi mirip matik.

YOUNG MACHINE

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi