Honda CBR600RR Baru Akan Lebih Rigid Sasis Pakai Karbon
Reporter: Terjemahan
Editor: Eko Ari Wibowo
Senin, 17 September 2018 10:42 WIB
Honda sedang menyiapkan CBR600RR versi 2019 yang lebih ringan. Sumber: auto.ndtv.com
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, London - Rumor rencana Honda melahirkan generasi baru supersport CBR600RR mulai bertebaran. Sebelumnya, muncul kabar CBR600RR akan muncul pada 2019 tapi Honda Amerika mengungkap CBR600RR 2019 tetap menggunakan desain bodi yang sama. Baru-baru ini, gambar paten Honda CBR600RR muncul tetap menggunakan desain sama hanya saja sasisnya kini menggunakan bahan karbon bukan lagi alumunium alloy.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Baca: Yamaha R1 Akan Memiliki Seamless Girboks, Teknologi Paling Maju

Ada kemungkinan cara Honda ini untuk menekan biaya. Mereka hanya mengganti bahan sasisnya dengan karbon untuk meningkatkan rigiditas tanpa mendesain ulang desain sasis yang diduga membutuhkan biaya besar dan risetnya pun tidak sebentar. Paten ini ada sebanyak tiga buah yang baru diterbitkan. Di masing-masing, CBR600RR ditunjukkan dengan penguatan karbon pada bagian sasisnya.

Hak paten Honda CBR600RR generasi baru yang akan menggunakan sasis karbon. Sumber: visordown.com 

Yang pertama menunjukkan swingarm dengan serat karbon yang direkatkan ke bagian bawahnya untuk menambahkan lebih banyak kekuatan. Paten kedua mengungkapkan batang karbon yang dipasang melintang di antara sasis kanan dan kiri, melewati filter udara dan menguatkan kedua sisi sasis. Paten ketiga adalah untuk fillet serat karbon antara sasis dan lubang kemudi baik di bagian atas dan bawah.

Pada variasi paten ketiga ini juga diilustrasikan pada kerangka aluminium backbone CB1000R, dan aplikasi paten swingarm karbon juga menunjukkan variasi kedua yang menampilkan arm tunggal seperti milik CB1000R.

Simak: Gagahnya Royal Enfield Himalayan Modif ala Balap Rally Dakar

Kemungkinannya Honda hanya ingin menutup rapat proyeknya dengan mematenkan banyak desain untuk mengelabuhi kompetitor. Tapi perlu dicatat bahwa CBR600RR yang digunakan dalam ilustrasi utama untuk ketiga paten ada desain yang sedikit berubah dibandingkan dengan model sebelumnya, dengan lubang asupan udara mirip dengan sepeda MotoGP RC213V saat ini dan bagian bodi belakang yang sedikit berbeda.

Seperti yang telah kami katakan di masa lalu, ada sedikit indikasi bahwa Honda mengganti model pada CBR600RR di Eropa, meskipun model ini akan tetap dipasarkan di Amerika pada 2019.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi