Gagahnya Royal Enfield Himalayan Modif ala Balap Rally Dakar
Reporter: Terjemahan
Editor: Eko Ari Wibowo
Selasa, 11 September 2018 15:43 WIB
Modifikasi Royal Enfield Himalayan ala Rally Dakar. Sumber; autocarindia.com
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Royal Enfield Himalayan cukup menarik minat pemilik hobi adventure. Ini terbukti ketika Royal Enfield menggelar Demo Day di Sirkuit Patrac, Pondok Aren, Tangerang Selatan dihadiri lebih dari 50 peserta yang menjajal kehandalan Royal Enfield Himalayan di medan offroad. Tempo pun sempat menjajal 2 putaran menggunakan Himalayan dan membuktikan bahwa motor ini nyaman di jalanan aspal maupun medan offroad.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Baru-baru ini dalam ajang Big Motor Sale 2018 di Bangkok, Royal Enfield menghadirkan versi modifikasi Himalayan ala balap Rally Dakar. Bahkan, salah satu motor yang diharapkan menjadi tulang punggung penjualan di Indonesia ini ramai dikerubuti pengunjung pameran.

Baca: Royal Enfield Akan Pasarkan Motor Mesin Twin 650cc di Indonesia

Menurut Royal Enfield, sepeda motor kustom mengambil inspirasi dari balapan motor yang bersaing di Rally Dakar yang dikenal memiliki medan berat dan sulit. Mengikuti tema itu, lampu utama telah diganti dengan lampu depan twin projector yang ditumpuk secara vertikal mirip model KTM. Windshield diganti dengan ukuran yang lebih besar dan ditambahkan penggunaan fairing baru.

 

Modifikasi Royal Enfield Himalayan ala Rally Dakar. Sumber; autocarindia.com

Untuk menambah penerangan terutama saat malam yang gelap gulita, ditambahkan lampu LED yang memiliki kemapuan tak kalah dari lampu utama. Bagian belakang telah didesain ulang dan knalpot telah diposisikan lebih tinggi.

Modifikasi lain pada Himalayan adalah penggunaan setang yang lebih tinggi dan jok tunggal yang sebelumnya ada tempat pembonceng. Tangki bahan bakar memiliki kapasitas lebih besar meski memiliki model mirip bawaan standar, besi pelindung yang lebih besar dan spakbor belakang yang kini mirip motorcross.

Modifikasi Royal Enfield Himalayan ala Rally Dakar. Sumber; autocarindia.com

Suspensi dan pengereman mirip dengan bawaan Himalayan standar. Menambah daya tarik off-road sepeda motor adalah penggunaan ban tahu atau ban cangkul. Warna merah, putih dan biru dari motor Himalayan Dakar telah terinspirasi oleh bendera Thailand.

Baca: Yamaha R1 Akan Memiliki Seamless Girboks, Teknologi Paling Maju

Royal Enfield tidak menjelaskan tentang perubahan pada mesin. Kemungkinan mesin masih sama dengan versi umum yaitu satu silinder berkapasitas 411cc dengan modifikasi ringan. Secara keseluruhan, motor yang terinspirasi Rally Dakar bisa menginsipasi para pengguna Royal Enfield Himalayan.

AUTOCAR

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi