Bakrie Gandeng Perusahaan Cina Bikin Bus Listrik
Reporter: Antara
Editor: Wawan Priyanto
Senin, 15 Oktober 2018 19:56 WIB
(ki-ka) Ketua Umum Persatuan Insinyur Indonesia Hermanto Dardak, Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika Kementerian Perindustrian Harjanto, Dirut dan CEO PT Bakrie & Brother Bobby Gafur Umar, dan Wakil Dirut PT Bakrie & Brother Ardie Bakrie (kanan) saat berbincang rencana pengembangan bus listrik di Ungasan, Bali, 15 Oktober 2018. ANTARA/Ahmad Wijaya
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Bakrie Otoparts menggandeng perusahaan Cina BYD Corporation mengembangkan bus listrikuntuk digunakan di sejumlah kota di Indonesila dalam upaya menciptakan transportasi ramah lingkungan dan kurangi emisi.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

"Bus listrik sudah kita gunakan dalam pertemuan tahunan IMF dan World Bank di Bali dan hasilnya ternyata sangat bagus sebagai alat transportasi alternarif bagi para delegasi," kata Dirut dan CEO PT Bakrie & Brother Tbk Bobby Gafur Umar kepada pers di Ungasan, Bali, Senin, 15 Oktober 2018.

Hal tersebut disampaikan usai uji dua bus listrik yang juga dihadiri Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika Kementerian Perindustrian Harjanto, Ketua Umum Persatuan Insinyur Indonesia Hermanto Dardak, serta Wakil Dirut PT Bakrie & Brother Ardie Bakrie.

Baca: Investor Asing Berminat Bangun Pabrik Baterai untuk Bus ListrikDikatakan Bobby, pihaknya akan meberikan solusi bagi terciptanya bus ramah lingkungan yang saat ini sudah menjadi model di sejumlah kota dan negara mengenai pentingnya kendaraan rendah emisi.

Dalam pertemuan tahunan IMF-WB di Nusa Dua, katanya, pihaknya sudah menyiapkan dua bus yang digunakan delegasi acara internasional tersebut dan ternyata mendapat sambutan positif dari delegasi.

Dia mengatakan, sejumlah provinsi seperti Jawa Tengah dan wilayah industri di Pulau Jawa, sudah menyatakan kesediaannya untuk mempergunakan transportasi bus listrik mengangkut penumpang serta karyawan. "Sudah kita tawarkan ke sejumlah daerah dan wilayah bisnis ternyata mendapat antusias positif," katanya.

Baca: Uji Tipe Sudah Dilakukan, PT MAB Siap Produksi 10 Bus Listrik

CEO PT Bakrie Autoparts Dino Ryandi menambahkan melalui unit usahanya PT  Bakrie Autoparts telah menjalin kerja sama bisnis dengan pabrikan bus listrik  terkemuka dari Cina, BYD Auto Co.Ltd, untuk secara serius mengembangkan lini baru bisnisnya di bidang otomotif. 

Kolaborasi tersebut telah disepakati secara resmi  melalui penandatanganan kesepakatan kerja sama pada 13 April 2018 lalu di Cina. 

"Kami sudah siap menetapkan target-target untuk mengembangkan industri ini yang kami yakini sangat prospektif," katanya.

Dirjen Harjanto mengatakan pemerintah sangat mendukung swasta mengembangkan industri mobil listrik yang saat ini memang sedang didorong pengembangannya di Indonesia.

"Tentu kita berharap bus listrik yang ada nanti kandungan lokal lebih besar dibanding impor. Pemerintah akan terus mendorong perkembangan industri tersebut," katanya.

ANTARA

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi