Almaz, Nama SUV Wuling Pesaing Honda CR-V
Reporter: Gooto.com
Editor: Wawan Priyanto
Kamis, 20 Desember 2018 13:18 WIB
Baojun 530 (sgwm.com.cn)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Wuling Motors Indonesia sudah memastikan akan meluncurkan SUV medium pada awal 2019. SUV medium itu diperkirakan sama dengan Baojun 530 yang dipamerkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS 2018) lalu. Hanya, kemungkinan menggunakan nama Wuling Almaz seperti yang tertera di Badan Pajak dan Retribusi Daerah Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Mobil itu memiliki nilai jual Rp 203 juta. 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Soal nama Almaz ini belum mendapatkan konfirmasi dari Wuling Motor Indonesia. Brand Manager Wuling Motors Indonesia Dian Asmahani enggan menjawab pertanyaan Tempo tentang SUV Almaz. “Untuk mobil baru belum bisa konfirmasi apa-apa, ya,” kata Dian saat dihubungi Tempo, Kamis, 20 Desember 2018. 

Baca: SUV Wuling Dipastikan Meluncur Awal 2019Sebelumnya, Dian sudah memastikan bahwa SUV Wuling terbaru nanti akan mengisi segmen SUV medium. Mobil itu akan dipasarkan mulai semester pertama tahun 2019. "Semester pertama 2019 pasti meluncur dan akan bersaing di segmen medium SUV," kata Dian Asmahani, Brand Manager Wuling Motors Indonesia di Semarang, Sabtu, 1 Desember 2018. 

Keterangan Wuling Almaz yang tertera di laman Nilai Jual Kendaraan Bermotor Pemprov DKI Jakarta. (Istimewa)

Di Cina, Baojun 530 ditawarkan dalam dua pilihan mesin, 1.8L dan 1.5L turbo. Untuk mesin 1.8L sama dengan yang digunakan pada Wuling Cortez 1.8L. Sedangkan mesin 1.5L turbo belum diaplikasikan di model Wuling yang dipasarkan di Indonesia. Saat ini, mesin 1.5L non turbo diaplikasikan di Wuling Confero dan Wuling Cortez 1.5L. 

Kemungkinan besar Baojun 530 atau Almaz nanti akan dilengkapi dengan mesin 1.5L turbo. Perkiraan ini mengutip keterangan yang tertera pada laman Nilai Jual Kendaraan Bermotor Pemprov DKI Jakarta.

Baca: Pabrik Wuling Motors Indonesia Siap Produksi SUV Baojun 530

Mengacu pada pilihan mesin ini, rasanya tak berbeda jauh dengan yang ditawarkan sesama mobil Cina, DFSK Glory 580, yang secara resmi mulai dipasarkan di Indonesia pada 19 Juli 2018. Glory 580 merupakan SUV 7 penumpang yang secara dimensi menyasar segmen Honda CR-V dan Nissan Terra. 

Berita bagusnya, kemungkinan besar Wuling Almaz akan dibekali transmisi otomatis CVT. Transmisi sekaligus menjadi yang pertama diadopsi Wuling Motors Indonesia. Sebelumnya, Wuling Cortez juga sudah dibekali dengan pilihan transmisi otomatis, tapi mengadopsi sistem intelligent-Automate Mechanical Transmision (i-AMT). Yakni sistem transmisi manual yang diotomatiskan dengan pengembangan khusus. 

Di Cina, terakhir kali Baojun 530 mengalami penyegaran pada Februari 2018. Model ini dilengkapi dengan LED DRL (daytime running lamp), fog lamp, sunroof elektrik yang membujur dari kabin depan hingga kursi baris kedua, dan velg aluminium. Secara dimensi,Baojun 530 memiliki dimensi panjang 4.655 mm, lebar 1.835 mm, dan tinggi 1.760 mm.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi