Helm Anda Bau Apek, Begini Cara Mengatasinya
Reporter: Antara
Editor: Eko Ari Wibowo
Senin, 11 Februari 2019 17:52 WIB
RSV Helmet meluncurkan helm Orca untuk pehobi off-road. (Antara)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Perawatan helm perlu dilakukan secara teratur demi menjaga menyamanan dan memaksimalkan fungsinya. Penggunaan helm saat terik matahari di siang hari yang membuat kepala berkeringat kemudian membasahi lapisan dalam helm sehingga muncul bau apek. Tak hanya saat siang hari, berkendara saat hujan juga menyebabkan kondisi lembab pada helm yang berujung pada munculnya aroma yang kurang sedap.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Baca: KYT Luncurkan Helm Thunderflash Standar MotoGP, Ini Harganya

Richard Ryan selaku Executive Director RSV Helmet membagikan trik merawat kebersihan helm dan cara menghilangkan bau keringat pada pelindung kepala itu. Langkah pertama yang mudah dilakukan pemilik adalah membuka visor helm seusai digunakan.

"Selalu buka visor sehabis digunakan sehingga ada sirkulasi udara, supaya enggak bau keringet," kata Ryan di Jakarta, Senin 11 Februari 2019. Setelah itu, pemilik helm harus membersihkan lapisan busa pada helm, setidaknya seminggu sekali jika digunakan setiap hari.

"Lepas semua padding atau inner helm. Tergantung pemakaian juga kapan harus melepas dan membersihkan inner padding helm kita," kata dia.

"Saran saya kalau dipakai tiap hari, lepas semua inner-nya satu minggu sekali. Makannya selalu beli helm yang padding-nya bisa dilepas," ujarnya.

Baca: Suciono, Orang yang Mendesain Livery Helm Rio Haryanto

Langkah lainnya, pemilik helm juga bisa mencegah bau apek dengan menyemprotkan spray yang mampu menetralkan aroma. Ia menggarisbawahi agar tidak menggunakan spray beraroma harum karena berpotensi membuat pengguna pusing karena menghirup wewangian itu selama berkendara.

"Cari spray pembersih helm yang tidak berbau harum. Menurut saya yang benar itu untuk menghilangkan bau jadi tidak harum. Pusing juga kalau dalam helm-nya jadi harum," katanya.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi