Efek Jokowi, Tren Modifikasi 2019 Ramai Konsep Chopper
Reporter: Wisnu Andebar
Editor: Wawan Priyanto
Selasa, 12 Februari 2019 10:42 WIB

GOOTO.COM, Bogor - Owner Bokor Custom, Julian Hidayat alias Bonyok, mengatakan bahwa tren kustom motor memang ramai dengan konsep Japstyle, Cafe Racer, dan Standar Klasik. Tapi sekarang, setelah presiden Joko Widodo atau Jokowi pakai motor berkonsep Chopper, jadi ramai juga konsep ini. Chopper Jokowi juga sempat ramai di jagat maya setelah orang nomor 1 di Indonesia itu menggunakannya untuk turing. 

"Tren kustom motor 2019 sih yang saya lihat jatuhnya lebih ke Bobber, Chopper, karena pemimpin negara ini pakai motor itu. Efeknya sangat berpengaruh ke tren kustom motor setelah Jokowi pakai motor berkonsep ini," katanya di bengkel Bokor Custom pada Sabtu, 9 Februari 2019.

Baca: Sadis, Motor Kustom Asal Bogor Ini Pakai Mesin Toyota Kijang

Di Bokor Custom sendiri rata-rata Bobber, Chopper, dan Cafe Racer yang masih ramai. Kalau mau membangun intinya tentukan konsep mau bagaimana, baru bicarakan masalah biaya. Lama pengerjaan menurut dia juga tergantung biaya yang masuk, kalau buat customer yang punya budget sesuai dari penentuan konsep atau langsung bayar full tanpa pending, paling cepat dua bulan selesai.

Soal harga kustom di Bokor Custom sendiri dibanderol Rp 22-25 juta, harga tersebut adalah untuk motor non kontes atau dipakai harian, sedangkan kalau pesan untuk kontes beda harga. "Konsumen tinggal terima beres saja, mesin pakai Yamaha Scorpio. Kalau yang sudah punya mesin sendiri tinggal potong biaya harga motor saja," katanya.

Baca: Ingin Modifikasi Motor Street Tracker Ala Jokowi? Simak Ubahannya

Bokor Custom terkenal dengan kustom motor yang gila, karya pertama yang paling beda adalah menggunakan mesin mobil Toyota Kijang  tahun 1978 dengan tipe mesin 3K berkapasitas 1.300 cc.

Konsep motor ini adalah cafe dragster yang diberi nama Gabus Darat, panjang dari ujung ban depan hingga belakang mencapai 2 meter, wheelbase 1,5 meter. Dalam membuat motor ini, Bonyok awal mulanya terinspirasi dari konsep motor drag luar yang memiliki wheelbase yang cukup panjang dan berkapasitas mesin besar.


 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi