Spare Part Honda NSR 150 Langka, Chipnya Bisa Rp 2 Jutaan
Reporter: Khairul Imam Ghozali
Editor: Yudono Yanuar
Rabu, 27 Februari 2019 11:00 WIB
Sebuah unit Honda NSR 150 SP menjalani perawatan rutin di Bengkel R26, Kawasan Depok, Jawa Barat. TEMPO/Khairul Imam Ghozali
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaHonda NSR 150 adalah salah satu legenda motorsport full fairing era 1990-an. Motor dua tak ini didatangkan secara CBU dari Thailand.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Untuk itu, pemilik Honda NSR 150 wajib menjaganya. Mengingat sudah tidak mudah mendapatkan suku cadangnya karena merupakan produk impor. Lantas bagian apa dari Honda NSR 150 yang paling wajib dijaga?

Baca: Generasi Mesin Honda NSR Doohan Turun Balap Jalanan Isle of Man

Pemilik bengkel R26 Racing, Ariz mengatakan aki menjadi bagian paling krusial dan wajib menjadi perhatian pecinta Honda NSR 150. Karena menurutnya jika akinya sudah lemah alias ngedrop, bakal mempengaruhi kinerja mesin.

"Kalau NSR tuh tergantung dari aki karena sudah mengusung CDI DC yang suplai dari aki, yang penting akinya jangan sampai mati, karena kan NSR ada chip-nya, komputer makainya, cara penggeraknya buat gas buangnya chip," ujarnya kepada Tempo, di Depok, Selasa 26 Februari 2019.

"Kalau enggak dijaga akinya ya itu chip-nya kalau dia drop bisa rusak," tambah Arif.

Jika sudah rusak lanjut Ariz, biaya yang bakal dikeluarkan cukup besar, bisa sampai Rp 2 jutaan uang yang harus digelontorkan oleh pemilik.

Simak: Tak Hanya Cina, Hyosung dan Kymco Pernah Tiru Motorsport Jepang

"Kalau mati mahal lagi. Kalau chip sudah kena kalau baru saja itu per unitnya bisa Rp 2 jutaan yang ori enggak ada yang KW (palsu)," lanjutnya.

"Tergantung dari varian motornya sih, Honda NSR R, RR, terus SP, dan lain beda-beda chipnya. Rp 2 juta itu yang R sama RR," kata  Ariz.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi