4 Bagian Motor yang Harus Diperhatikan saat Musim Hujan
Reporter: Gooto.com
Editor: Eko Ari Wibowo
Rabu, 6 Maret 2019 15:28 WIB
Sejumlah teknisi memperbaiki sepeda motor di daerah Palmerah, Jakarta Barat, 8 Juni 2018. Jasa servis dan penjualan spare part kendaraan roda dua meningkat dua kali lipat menjelang Lebaran. Tempo/Fakhri Hermansyah
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Hujan kembali menerpa wilayah Jakarta dan sekitar beberapa hari terakhir ini. Bagi pengendara motor yang sering beraktivitas di luar ruangan, disarankan untuk memberi perhatian lebih pada motornya. Sebelum mengendarai motor di kondisi hujan atau jalanan basah, ada beberapa komponen motor yang sebaiknya dicek untuk memastikan keamanan pengendara ketika riding. Dikutip dari suzuki.co.id, ada 4 bagian yang perlu menjadi perhatian, di antaranya.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Baca: 4 Dampak Buruk Jika Terlambat Ganti Oli Sepeda Motor

1. BanBan perlu dipastikan masih dalam kondisi bagus artian ban tidak boleh aus dan harus masih punya alur atau kembangan yang cukup untuk bisa mengalirkan air. Sangat bahaya jika menggunakan ban botak, khususnya saat hujan karena tidak ada alur untuk buangan air yang ada di permukaan jalan. Kalau memang sudah menyentuh batas TWI atau Tread Wear Indicator sebaiknya ban segera diganti.

2. Kampas remKomponen selanjutnya yang sebaiknya dicek adalah kampas rem. Ketika musim hujan, peran komponen yang satu ini menjadi lebih vital untuk bisa menghentikan laju kendaraan dengan baik. Pastikan kampas rem motor masih tebal dan masih layak pakai di kondisi jalanan yang basah.

3. Minyak remAgar pengereman lebih maksimal di jalanan yang basah, selain kampas rem yang masih prima, jangan lupa juga pastikan minyak rem masih cukup dan tidak kurang. Peran rem saat jalanan usai terkena hujan akan licin.

Baca: Cat Sepeda Motor Doff Lebih Keren dari Glossy, Begini Merawatnya

4. OliPastikan oli motor tidak mengalami kebocoran karena jika bocor jalanan yang basah akan semakin licin.

Selain memastikan empat komponen tersebut yang sudah disebutkan aman, pengendara motor juga perlu menjaga perilaku berkendara yang aman saat musim hujan. Ketika berkendara dalam kondisi hujan, jangan memacu kendaraannya kencang-kencang. Agar aman, maksimal 50km/jam saja.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi