Cat Sepeda Motor Doff Lebih Keren dari Glossy, Begini Merawatnya
Reporter: Gooto.com
Editor: Eko Ari Wibowo
Selasa, 5 Maret 2019 10:38 WIB
Yamaha Lexi S ABS, 15 Desember 2018. (YIMM)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Warna matte atau doff membuat tampilan motor menjadi lebih garang dan agresif. Apalagi motor tersebut bertema sporty bisa meningkatkan kegantengannya. Hanya saja perawatan warna matte berbeda dengan warna glossy. 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Pada warna glossy cukup dengan rutin mencuci motor dan juga memberi lapisan coating agar lapisan cat asli tahan gores. Namun, model perawataan ini tidak cocok diaplikasikan pada motor warna doff.

Baca: Tip Merawat Motor Tua Ala Bengkel EJM

Cat jenis doff atau matte akan lebih mudah memudar dan kusam jika sering terjemur. Untuk motor dengan jenis cat seperti ini pun sangat tidak diperbolehkan menggunakan sabun yang mengandung detergen saat dicuci.

Alasannya karena cat jenis doff memiliki entitas kepudaran dua kali lebih cepat ketimbang motor dengan cat jenis metalik. Maka dari itu sangat dibutuhkan ekstra perawatan yang baik dan benar untuk tetap menjaga penampilan bodi si motor kesayangan. Apalagi sifat asam yang dimiliki detergen bisa membuat cat pudar lebih cepat.

Motor dengan jenis cat doff secara umum tidak terlapisi pernis sehingga memang mudah pudar. Maka dari itu perlakuan terhadap komponen motor bercat doff tidak boleh sembarangan. Salah dalam pemakaian bahan poles semisalnya, yang ada cat malah akan jadi halus mengkilap dan tidak doff lagi.

Simak: Ini Tips Perawatan Ban Tubeless Sepeda Motor Agar Awet

Dikutip dari Suzuki.co.id, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan guna perwatan pada motor dengan cat jenis doff yang benar:

1. Pemilihan polesanDalam memilih bahan poles untuk bodi motor warna doff dianjurkan memakan yang water based jangan pilih yang oil based.

2. Penggunaan sabun cuci dengan PH netralSaat pencucian motor, pilih dan pakai sabun cuci motor yang memiliki PH yang netral. Pakailah sabun cuci khusus kendaraan.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi