Ribetnya Mengganti Mesin Kawasaki KLX 150 dengan Ninja 2-Tak
Reporter: Pribadi Wicaksono (Kontributor)
Editor: Eko Ari Wibowo
Kamis, 7 Maret 2019 14:02 WIB

GOOTO.COM, Yogyakarta - Bagaimana rasanya Kawasaki KLX 150 yang memakai mesin 4-tak berganti rupa dengan mesin 2-tak yang garang. Bengkel Kadal Balap 90 di Yogya misalnya, saat ini tengah menggarap modifikasi Kawasaki KLX namun berasa Kawasaki Ninja.

Baca: Yamaha RX King di OLX Dijual Mulai Rp 7 Jutaan hingga Rp 60 Juta

“Konsepnya swap engine (menukar mesin), jadi bodi dan panel-panel tetap pakai KLX tapi seluruh mesinnya ditanam mesin Ninja 150 cc, jadinya motor 2 tak,” ujar pendiri bengkel Kadal Balap Yogya, Seco Pulung Gono kepada Tempo Rabu 6 Maret 2019.

Garapan KLX rasa Ninja di bengkel yang juga spesialis menangani Honda NSR itu, karena pemilik menginginkan tunggangan Ninja yang ditopang kerangka tegak, bukan merunduk. Seperti laiknya motor gede. “Jadi perubahannya dibuat ke arah semi drag, semi road race,” ujar Pulung.

Dalam melakukan modifikasi itu, Pulung menuturkan juga melakukan bore up mesinnya atau menaikkan diameter piston standar bawaan menjadi piston yang ukurannya jauh lebih besar. Karburator dan membrane juga diganti.

Baca: Honda NSR 150, Rajanya Motor Sport Era 1990-an

“Kesulitan membangun KLX rasa Ninja ini hanya sinkronisasi mesin ke rangka saja, agar pas dan center,” ujarnya.

Tak hanya dari sisi rangka dan mesin, Pulung juga membangun ulang set kelistrikan hingga penempatan radiator untuk mesin Ninja di bodi KLX itu. Knalpot juga mendapat sentuhan karena yang orisinil harus diganti.

Walhasil, sekilas KLX itu tak ada perubahan. Namun begitu mesin menyala suara garing khas Ninja langsung terdengar.

Lantas soal biaya swap engine itu, Pulung menyebutkan kisarannya sekitar Rp 8 juta karena seluruh komponen yang perlu diganti memakai baru. Tentu saja, harga itu bukan termasuk mesin yang diganti alias pemilik harus beli mesin sendiri.

Baca: 4 Dampak Buruk Jika Terlambat Ganti Oli Sepeda Motor

Bukan sekali ini Bengkel Kadal Balap melakukan swap engine. Sebelumnya pada tahun lalu, ia juga menggarap swap engine untuk Honda S 90 yang diganti mesin Honda Tiger.

#Kawasaki KLX 150
#Ninja

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi