Daftar Negara dengan Jalan Paling Aman se-Eropa
Reporter: Khairul Imam Ghozali
Editor: Wawan Priyanto
Selasa, 9 April 2019 17:41 WIB
Transportasi umum di kota London.[london.gov.uk]
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, London - Salah satu studi terbaru dari European Commission (komisi Eropa) menyatakan bahwa Inggris didapuk memiliki jalan rata paling aman dibanding negara mana pun di Uni Eropa (EU).

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Seperti yang dilansir Tempo dari Auto Express, Selasa 9 April 2019, dari laporan statistik keselamatan jalan pada 2018, tercatat, di Inggris hanya ada 28 kematian lalu lintas di jalan untuk setiap satu juta penduduk.

Setelah Inggris, di posisi kedua negera yang jalan rayanya paling aman adalah Denmark dan Irlandia untuk jumlah kematian terendah.

Baca: 9 Tip Aman Berkendara Saat Hujan

Sedangkan untuk sebaliknya dari ketiga negara tersebut, jalan rata yang paling berbahaya ada di Rumania, Bulgaria, dan Latvia.

Secara umum, penurunan angka kematian karena kecelakaan lalu lintas di negara-negara Uni Eropa telah mengalami penurunan satu persen angka kematian di jalan tahun lalu.

Negara-negara Slovenia, Lithuania, Bulgaria, Slovakia, serta Siprus mengalami penurunan masing-masing sebesar 13 persen, 11 persen, 9 persen dan 8 persen.

Sedang untuk periode studi mulai tahun 2010 hingga 2018, Yunani jadi negara di Eropa dengan penurunan terbesar dalam jumlah kematian lalu lintas jalan, yakni mencapai angka 45 persen, diikuti Lithuania 43 persen, dan Portugal 35 persen, termasuk Slovenia 34 persen.

Meskipun demikian masih ada sekitar 25.000 korban jiwa di jalan-jalan Eropa tahun lalu, yang berarti bahwa UE masih jauh dari targetnya.

Baca: 7 Tips Mengajak Anak Berkendara yang Aman Pakai Kursi Khusus

Munculnya berita ini menyusul terkait adanya info bahwa UE bakal mewajibkan semua mobil baru dilengkapi pembatas kecepatan dan sejumlah sistem keselamatan mulai 2022.

Aturan tersebut termasuk pembaruan manajemen keselamatan infrastruktur, peluncuran platform transportasi yang aman, termasuk pembentukan UE Safety Exchange untuk mengatasi masalah keselamatan di jalan.

AUTOEXPRESS.CO.UK

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi