Tip Merawat Cat Sepeda Motor Agar Tak Kusam dan Tetap Resik
Reporter: Gooto.com
Editor: Eko Ari Wibowo
Rabu, 10 April 2019 09:37 WIB
Warga mencuci sepeda motor saat banjir di Patamundi dekat Kendrapara, sekitar 120 kilometer (75 mil) utara Bhubaneshwar, India, Rabu (28/9). Pemerintah Orissa telah memutuskan untuk membangun helipad permanen di kawasan pesisir untuk operasi bantuan. AP Photo/Bikas Das
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Bagi pemilik kendaraan, turun hujan menjadi momok. Alasannya, ia baru saja mencuci kendaraan di salon kini harus mencuci lagi. Padahal harga merawat kendaraan ke salon atau pencucian motor lumayan bisa untuk jajan. Sehingga, sebagian biker memilih untuk mencuci sendiri namun hasilnya warna cat justru kusam.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Baca: Kebiasaan Ini Penyebab Timbulnya Karat Tangki Bensin Sepeda Motor

Ada sejumlah tips, agar kendaraan tetap kinclong meski dicuci sendiri. Terpenting adalah pemilik kendaraan memiliki waktu yang cukup untuk mencuci motornya. Seperti dikutip ada akun instagram @astraotoshop, mengungkap sejumlah trik

1. Jangan menggunakan detergenBanyak anggapan kalau detergen bisa digunakan untuk mencuci motor. Jikapun dipaksakan warna cat motormu akan gampang pudar apabila motor sering dicuci dengan detergen. Langkah yang terbaik adalah menggunakan shampo motor yang diperuntukkan untuk kendaraan.

2. Bersihkan motor secara menyeluruhSaat mencuci motor pemilik kendaraan biasanya membersihkan bodi dan part-part yang terlihat saja. Padahal mesin dan komponen metal lainnya juga bisa dibuat kinclong. Caranya mudah menggunakan sikat gigi bekas dan kuas untuk mencapai sudut-sudut sempit. Hindari menggunakan sikat kawat yang justru membuat goresan.

Gunakan sedikit bensin untuk menghilangkan bekas oli yang menempel. Ketika sudah bersih berikan polish wax.

Baca: Kebiasaan Ini Penyebab Kampas Kopling Sepeda Motor Cepat Habis

3. Hindari terkena air hujanGuyuran air hujan pada motor tidak boleh dibiarkan terlalu lama menempel. Hal itu dikarenakan zat garam dari hujan yang bersifat korosif akan membuat mesin berkarat dan cat motor menjadi kusam. Selain itu pemilik juga tidak boleh langsung mengelap motor ketika masih basah karena hujan. Hal itu dikarenakan debu-debu yang menempel membuat permukaan bodi lecet.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi