Kiat Menjaga Harga Jual Mobil Tak Anjlok
Reporter: Gooto.com
Editor: Atalla Suwarmo Soefeno
Senin, 29 April 2019 18:33 WIB

GOOTO.COM, Jakarta -Perkembangan dan pergantian model mobil kini sangat cepat hanya hitungan 2-3 tahun sudah berubah. Bagi sebagian pemilik mobil ingin mengikuti tren dengan melakukan tukar tambah kendaraannya. Hanya saja, terkadang harga jual tidak sesuai keinginan.

Biasanya pembeli akan melihat dulu kondisi kendaraannya yang menentukan harga jualnya. Perawatan yang baik menjadi kunci agar harga jual mobil tidak jatuh di pasaran. Ikuti tips berikut ini.

1. Lengkapi surat- surat kendaraan. Hal yang utama patut diperhatikan agar nilai jual kendaraan Anda tetap tinggi,adalah pastikan  surat – surat kendaraan lengkap, seperti faktur pembelian kendaraan, buku pemilik kendaraan bermotor (BPKB), dan surat tanda nomor kendaraan bermotor (STNK).

Jika ada yang hilang, proses untuk mendapatkan yang baru bisa dilakukan di Polda Metro Jaya. Menjual sebuah mobil tanpa surat – surat yang lengkap, seperti  tidak ada BPKB dapat menurunkan harga mobil Anda hingga lima puluh percent. Terburuknya tidak dilengkapi dengan surat – surat, kemungkinan besar kendaraan Anda tidak dapat dijual, atau tercatat sebagai kendaraan illegal yang tidak layak jalan.  

Baca: Pasar Mobil Bekas Pantau Potensi Harga Mobil Wuling Seken

2. Lengkapi dengan pelindung cat. Agar kondisi cat kendaraan tetap terlihat seperti baru dan menjaga kestabilan nilai harga jualnya. Disarankan dari baru, lindungi cat mobil Anda dengan paint protection. Fungsi dari paint protection ini adalah untuk mencegah agar tidak timbulnya jamur pada setiap tetesan air yang jatuh di permukaannya.

Agar hasilnya maksimal, lakukan penyemprotan pelindung cat ini paling tidak setiap 12 bulan sekali. Biaya untuk melengkapi dengan pelindung cat ini berkisar hingga diatas 1 juta rupiah, tergantung jenis kendaraan yang digunakannya. 

3. Gunakan anti karat. Karat yang timbul pada bodi mobil Anda adalah “Penyakit Kronis” yang pastinya dapat menurunkan harga jual pada mobil Anda secara drastis. Ini dikarenakan biaya untuk memperbaiki sebuah karat pada bodi mobil dapat merogoh kocek yang tidak sedikit, dan jika tidak diperbaikinya dengan ahlinya, hasilnya kerap kali tidak maksimal.

Untuk mencegah terjadinya hal tersebut, lakukan penyemprotan pada bodi mobil Anda dengan bahan anti karat. Produk – produk anti karat yang sudah terbukti kualitasnya.  Pencegahan terjadinya karat pada bodi mobil, juga dapat dilakukan dengan menggunakan anti karat elektrik yang mampu melindungi bagian luar dan dalam mobil. Anti karat elektronik ini menggunakan teknologi mikrochip yang ramah lingkungan dan tidak berbau.

Baca: Begini Cara Agar Harga Jual Mobil Daihatsu Tetap Tinggi 

Pemasangan anti karat elektronik ini mudah dan tidak mengganggu  sistem elektronik mobil dan dapat dipindahkan ke mobil lain.Cara kerja anti karat elektrik ini adalah dengan menyebarkan elektron secara terus menerus ke seluruh logam mobil , sehingga mencegah terjadi proses kimia (karat) antara kelembaban udara dan air.

4. Servis record harus lengkap. Untuk menjaga agar kondisi kendaraan tetap prima, lakukan servis berkala di bengkel resmi secara rutin. Tujuannya adalah untuk menjaga agar servis kendaraan Anda telah dilakukan sesuai prosedur dan menghindari parts yang bukan original. Dengan melakukan servis rutin di authorized dealer semua parts, penggantian parts dan jasa pengecekan akan selalu tercatat di sistem bengkel, dan juga dibuku servis record kendaraan Anda.

#Mobil
#Penjualan Mobil

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi