Untung dan Rugi Penggunaan Spoiler pada Mobil
Reporter: Gooto.com
Editor: Atalla Suwarmo Soefeno
Kamis, 2 Mei 2019 13:28 WIB

GOOTO.COM, Jakarta - Beberapa mobil model terbaru kini dilengkapi spoiler yang hanya untuk aksesoris tampilan hingga mendongkrak performa. Fungsi dari sebuah kendaraan yang dilengkapi dengan spoiler adalah untuk menciptakan gaya ke bawah atau downforce,dengan tujuan dapat mengurangi daya angkat (lift) yang dapat terjadi terutama saat melaju pada kecepatan tinggi.

Penggunaan spoiler pada sebuah kendaraan dapat meningkatkan daya cengkeram ban ke permukaan jalan,salah satunya dengan cara memanfaatkan aliran angin dari depan kendaraan, angin tersebut kemudian menabrak spoiler sehingga memberikan efek tekanan dorong ke bawah.

Baca: Honda Civic Type R 2019 Tambah Keren, Spoiler Kini Lebih Imut

Desain dari setiap jenis spoiler memiliki fungsi yang berbeda. Seperti pada kendaraan Lexus Hybrid, ukuran spoiler yang digunakan di bagasi belakang sangat tipis dan aerodinamis sekali. Tujuannya adalah untuk mengurangi efek turbulensi di sekitar bagian belakang, agar dapat menekan penggunaan bahan bakar dan mengoptimalkan kualitas pengendalian,tanpa menghasilkan gejala wind noise yang tinggi.

Sebuah spoiler juga dapat diletakkan pada bagian samping dan bawah bumper di sebuah kendaraan, yang dinamakan side skirt spoiler.Jenis spoiler tersebut dapat mengoptimalkan efek downforce dari angin samping,agar tidak menimbulkan gejala melayang terutama saat melintasi kondisi jalan yang banyak tikungan dan berangin.

Tetapi sebagai contoh, pada tahun 2013 untuk sebuah high performance car , BMW telah merancang sebuah flip up spoiler pada seri 3 gran turismo yang secara otomatis mampu mengembang saat kecepatan melampaui diatas 100 km/jm untuk mengurangi gejala limbung. Jenis spoiler tersebut dikategorikan sebagai high performance spoiler. Pada mobil balap,juga ada bagian lain yang fungsinya mirip spoiler. Part ini dinamakan wing. Ada beberapa perbedaan antara wing dan spoiler, di antaranya adalah peruntukkan mobilnya. Ukuran wing itu lebih besar dibanding spoiler.

Cara kerja spoiler mirip sayap pada pesawat. Hanya saja jika sayap pesawat memberikan daya dorong ke atas, spoiler memberikan daya dorong ke bawah. Meskipun tidak semua jenis spoiler dapat menghasilkan perpaduan aerodinamis dan kestabilan yang baik. Seperti Spoiler aftermarket yang berat dapat meningkatkan penggunaan bahan bakar. Efeknya sama seperti penggunaan aksesoris yang tidak fungsional, dapat meningkatkan konsumsi bahan bahan bakar. 

Baca: Toyota Yaris Makin Keren dengan Bodi Kit TRD, Ini Sosoknya


 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi