Cairan Berkurang Tapi Radiator Mobil Tak Bocor, Ini Penyebabnya
Reporter: Gooto.com
Editor: Eko Ari Wibowo
Minggu, 18 Agustus 2019 09:06 WIB
Bengkel Auto2000 memberikan layanan prima kepada pelanggan. Dok Auto2000
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Gasket silinder head adalah penyambung yang ada di antara blok mesin dan kepala silinder. Fungsi utama dari gasket ini adalah mempertahankan kompresi pada ruang bakar sekaligus mencegah kebocoran oli maupun cairan pendingin masuk ke ruang pembakaran.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Hanya saja, gasket ini bisa menjadi biang masalah pada kendaraan. Seperti dikutip dari laman Auto2000, kasus tersebut terjadi karena ada kebocoran pada gasket yang membuat pertemuan antara blok mesin dan silinder head menjadi tidak rapat. Mobil bisa mengalami overheating. Air radiator memang tampak berkurang, tapi tidak ada kebocoran sedikitpun pada radiator.

Bisa jadi sebab bocor adalah gasket silinder head. Dari celah itu, air radiator mengalir hingga mengganggu kerja sistem pendinginan mesin. Gasket silinder head bocor tidak hanya mengganggu sistem pendinginan mesin. Proses pembakaran bahan bakar di ruang bakar juga akan terganggu karena tercampur air.

Hal tersebut juga bisa mengganggu performa mesin. Akibat ini muncul karena gasket silinder head yang bocor juga berarti kebocoran kompresi. Kebocoran kompresi praktis akan menurunkan tenaga mesin karena salah satu syarat mesin dapat hidup dengan normal adalah terdapatnya tekanan kompresi yang cukup.

Beberapa hal yang perlu dilakukan jika masalah ini terjadi yaitu mengganti gasket silinder head. Dan, untuk menghindari resiko yang lebih parah, Anda juga bisa melakukan penggantian pada overhaul silinder head.

Meskipun pada umumnya kerusakan komponen ini disebabkan oleh faktor usia, ada sedikit tip agar kasus seperti di atas tidak menimpa Anda.

Terutama, pada kendaraan yang silinder headnya menggunakan baut elastis region (bukan plastik region). Untuk jenis ini, lakukan pemeriksaan kekencangan (momen) dari baut silinder head secara periodik saat servis berkala setiap 10.000 km.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi