3 Hal yang Harus Diperiksa Jika Power Window Ngadat
Reporter: Tempo.co
Editor: Eko Ari Wibowo
Jumat, 23 Agustus 2019 16:00 WIB
Servis power window

GOOTO.COM, JakartaPower window memiliki fungsi penting seperti mempermudah pembayaran tol. Hanya saja, ketika perangkat power window ngadat tentu sangat menjengkelkan. Apalagi ketika akan masuk tol tiba-tiba macet tak bisa nge-tap kartu tol tentu membuat grogi, apalagi bisa mengakibatkan antrian panjang di belakang. Seperti dikutip dari laman Suzuki, masalah tersebut juga bisa terjadi pada perangkat ini adalah kaca seret atau tidak lancar saat kondisi naik ataupun turun.

Mengatasi kendara tersebut, tentu harus memahami penyebabnya. Berikut adalah beberapa masalah yang ada di power window.

1. Masalah pada sekeringCara mengecek yang paling mudah dari sekeringnya, namun jika ternyata sudah diganti, tapi tetap bermasalah atau putus lagi, kita harus dicek bagian lain, kemungkinan terjadi korslet. Fungsi sekering adalah pemutus arus listrik untuk meminimalisir terjadinya korsleting. Jika sekering tersebut rusak bisa menyebabkan seluruh power window tidak akan berfungsi.

2. Kelistrikan dan saklar power windowJika sekring sudah diganti namun tidak ada tanda-tanda power window bekerja, coba cek sistem kelistrikan di power window. Cek tegangan di saklar power window, jika tegangannya tidak normal namun tegangan aki bagus, kemungkinan saklar power window yang harus diganti.

Kerusakan saklar mungkin terjadi karena adanya korsleting yang berdampak pada terbakarnya saklar power window.

3. Motor atau regulator power windowKalau kelistrikan dan saklar normal, masalah selanjutnya yang terjadi mungkin ada pada motor atau regulator power window, mungkin memang sudah lemah, atau sudah mengalami aus di geriginya. Motor power window yang lemah harus diganti.

Regulator power window berfungsi sebagai penggerak kaca yang menghubungkan motor power window dengan kaca. Jika regulator tersebut bermasalah maka kaca tidak akan bisa turun maupun naik. Regulator yang mengalami aus di gerigi atau penghubung dudukan kaca yang terlepas, akibatnya kaca tidak bisa naik turun.

Itulah beberapa pengecekan yang sebaiknya Anda lakukan jika ada masalah pada kaca mobil Anda. Anda kesulitan atau tidak punya waktu untuk melakukan pengecekan tersebut sendiri? Segera bawa kendaraan Anda ke bengkel resmi Suzuki.

#Power Window

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi