BJ Habibie Koleksi Mercedes-Benz Klasik dan Motor Gede
Reporter: Anwar Siswadi (Kontributor)
Editor: Wawan Priyanto
Sabtu, 14 September 2019 08:02 WIB
Presiden ketiga BJ Habibie berpose di salah satu mobil koleksinya, Mercedes Benz 300SL Gullwing, di kediamannya di Jakarta, 9 Desember 2010. Almarhum BJ Habibie ternyata memiliki sederet koleksi mobil klasik yang didominasi dengan mobil pabrikan Jerman, Mercedes-Benz. dok. TEMPO/Yosep Arkian

TEMPO.CO, Bandung - Presiden ketiga BJ Habibie punya hobi di bidang otomotif. Di kediamannya berkumpul puluhan mobil Mercedes-Benz alias Mercy dan motor gede. Dosen dan Dekan Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara Institut Teknologi Bandung Hari Muhammad pernah menikmati koleksi itu saat sowan ke rumah BJ Habibie di Jalan Patra Kuningan Jakarta.

Hari beberapa kali diundang datang. “Karena Pak Habibie katanya kangen ketemu dosen-dosen ITB,” ujarnya Kamis 12 September 2019. Rombongan dosen yang datang biasanya belasan orang dan setahun sekali. Terakhir ia ikut pada 2015.

Ada kalanya ketika menunggu giliran bertamu, sekretaris pribadi Habibie mengajak Hari melihat koleksi mobil dan sepeda motor tuan rumah. Di sebuah bangunan di garasi bawah tanah benda koleksi itu tersimpan. “Beliau punya sekitar 25 Mercy bermacam tahun,” katanya.

Koleksi motor milik BJ Habibie. Tak hanya tertarik dengan mobil, ternyata tokoh nasional yang dijuluki Bapak Teknologi Indonesia itu juga memiliki sejumlah koleksi motor. YouTube Kevin Hendrawan

Sebuah mobil yang lebih tua dari usianya kata Harry merupakan hasil rekonstruksi, “Ada Mercy 1930-an temuan di Sumatera sudah rusak, dibangun cari komponennya langsung ke pabrik,” ujar dia.

Menurutnya koleksi mobil Mercy Habibie berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Kondisi semua mobil itu menurutnya masih bisa beroperasi. Mesinnya pun masih sering dipanaskan. “Mercy terawat bagus diurus sekprinya,” kata Hari.

Mobil koleksi BJ Habibie Mercedes-Benz 300SL Gullwing. Sumber: youtube channel Kevin Hendrawan

Selain itu setidaknya di ruangan yang sama terdapat sepuluh motor gede bermacam merek. Kapasitas mesinnya kata Hari lebih dari 500 cc. Koleksi kendaraan lawas hasil rekonstruksi itu dinilainya menggambarkan BJ Habibie sebagai seorang insinyur dan menyukai mesin. “Sebelum diajak ke sana saya tidak tahu beliau seorang kolektor mobil antik,” ujarnya.

Video prototipe mobil Esemka dipamerkan di pabrik Boyolali: 

#BJ Habibie
#Mercedes-Benz

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi