Kasus Maling Pecah Kaca Mobil, Begini Mengantisipasinya
Reporter: Sarah Ervina Dara Siyahailatua
Editor: Eko Ari Wibowo
Minggu, 22 September 2019 09:18 WIB
Ilustrasi kaca mobil pecah. Wikipedia.org
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Rico Ceper terkena musibah kasus pecah kaca mobil yang diduga dilakukan oleh maling pada Jumat, 20 September 2019. Lewat instagram pribadinya, @rico_cepero, Rico mengatakan bahwa kejadian ini dialami saat ia meninggalkan kendaraan untuk salat Jumat.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

“Cuma bisa istigfar. Tas kantor/kerja raib,” tulisnya pada keterangan foto yang menunjukan pecahan kaca di mobilnya.

Terlepas dari kejadian yang menimpa Rico Ceper, hal serupa tentu tak ingin Anda alami juga, bukan? Berbagai cara mudah ternyata bisa diterapkan untuk menghindari kaca mobil yang dipecah maling. Sebagai bentuk antisipasi, berikut adalah empat tipsnya, seperti yang dilansir dari situs Family Handyman dan News24.

1. Memarkir mobil di tempat yang amanSalah satu cara mudah yang bisa dilakukan adalah memarkir mobil di tempat yang aman. Ini bisa diterapkan pada tempat parkir yang berbayar dan memiliki tingkat keamanan yang ketat (ada CCTV atau satpam). Sebaliknya, hindari tempat yang sepi dan di pinggir jalan karena akan memudahkan pencuri untuk melangsungkan aksinya. 

2. Menyembunyikan barang berhargaSaat parkir di suatu tempat, tak sedikit imbauan untuk membawa barang berharga bersama sebab ini akan meminimalkan risiko pembobolan. Namun, jika Anda tetap ingin meninggalkan barang berharga, setidaknya hindari meletakkannya langsung di atas jok mobil karena ini akan menarik perhatian para pencuri. Sebaliknya, pilih tempat yang aman, seperti di bawah kursi, di dalam dashboard, atau bagasi.

3. Menyalakan alarm mobilBagi sebagian orang, suara alarm mobil sangat mengganggu sehingga mereka sering kali mematikannya. Padahal tujuan dari alarm dengan bunyi nyaring itu adalah untuk melindungi kendaraan sebab jika sesuatu hal terjadi pada mobil, suara tersebut akan memberi signal darurat. Dengan demikian, petugas keamanan pun bisa membantu mengecek dan mengamankan kendaraan Anda.

4. Memperhatikan daerah sekitar sebelum turun mobilMemperhatikan daerah sekitar sebelum turun dari kendaraan adalah hal yang tak kalah penting sebab seringkali mobil bisa menjadi target pencurian. Jadi, sebelum turun pastikan untuk memperhatikan orang-orang di sekeliling. Jika dirasa aman, Anda bisa tetap parkir dan meninggalkan mobil di sana. Namun, jika sebaliknya ada orang yang mencurigakan, sebaiknya segera pergi dan pindahkan kendaraan. 

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi