Marak Lagi Pecah Kaca Mobil, Ini Cara Menghindarinya
Reporter: Dimas Prassetyo
Editor: Kusnadi Chahyono
Jumat, 12 Januari 2024 12:59 WIB
Kejahatan pencurian dengan pecah kaca mobil. (Foto: Tempo/Dimas Prassetyo)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Aksi pencurian pecah kaca mobil marak terjadi lagi. Kejadian tersebut di alami salah seorang pemilik Coffee Shop di jalan Ahmad Yani, Jakarta Timur, Kamis, 11 Januari 2024.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Diketahui, atas kejadian tersebut, korban kehilangan sebuah tas yang berada di dalam mobil.

Kejadian bermula, saat korban parkir tidak jauh dari lokasi tempat usaha miliknya. Tidak lama, salah seorang kostumer memberi tahu kalau kaca mobilnya pecah.

"Hanya tas yang hilang, untuk barang yang lainnya tidak ada yang dicuri. pencuri mungkin random saat melakukan aksi modus pecah kaca ini," ujar Sultan Winata, korban pencurian pecah kaca mobil.

Pemilik kendaraan memang harus ekstra hati-hati ketika hendak parkir. Pasalnya, pencurian dengan pecah kaca mobil saat ini mulai terjadi lagi.

Melansir dari beberapa sumber, ada sejumlah cara yang bisa dilakukan agar terhindar dari pencurian seperti itu. Berikut Gooto merangkumnya:

1. Parkir di tempat amanKetika parkir di tempat umum, sebaiknya parkir di tempat ramai dan mudah dipantau oleh pemilik kendaraan. Khusus malam hari, hindari parkir di tempat gelap.

2. Tidak menutup kaca secara penuh saat parkirPada saat parkir di siang hari, kaca mobil sebaiknya dibuka setidaknya 1 cm sebagai jalur sirkulasi udara untuk mengurangi panas dan tekanan udara dari dalam mobil, sekaligus agar tidak mempermudah pemecahan kaca. 

3. Gunakan kaca filmKaca film berguna agar tidak gampang terlihat dari luar. Kaca film juga berguna mengurangi intensitas sinar matahari yang masuk ke kabin.

4. Tidak meninggalkan barang berhargaJika meletakkan barang berharga di dalam mobil, sebaiknya letakkan barang bawaan pada tempat tersembunyi seperti ruang kompartemen yang tersedia pada kabin.

5. Pasang alarm mobilPenting untuk pasang alat pengaman seperti sensor tambahan, alarm ganda, atau electrical cut-off. Hal ini diperlukan untuk mobil yang belum disematkan fitur immobilzer.

Pilihan Editor: Jeep Wrangler dan Gladiator Terbaru Dipasangi Gorilla Glass di Kaca Depan

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi