3 Penyebab Alarm Mobil Tidak Bunyi dan Cara Mengatasinya
Reporter: magang_merdeka
Editor: Wawan Priyanto
Selasa, 8 November 2022 10:00 WIB
Ilustrasi kunci mobil. TEMPO/Wawan Priyanto

GOOTO.COM, JakartaAlarm mobil merupakan salah satu fitur tambahan mobil yang memiliki peran penting dalam aspek keamanan, khususnya ketika di tempat umum. Bunyi dari alarm mobil setelah memarkir mobil merupakan tanda bahwa kendaraan sudah terkunci dan aman. Sehingga pemilik mobil tidak perlu khawatir ketika meninggalkan mobil di ruang umum.

Namun terkadang dalam kondisi tertentu, alarm mobil tidak bisa menyala. Kebanyakan penyebab alarm mobil tidak bunyi karena pemakaian pribadi yang lebih agresif atau tidak pernah dibawa ke bengkel untuk melakukan perawatan.

Berikut penyebab alarm mobil tidak bunyi dan cara mengatasinya dikutip dari Auto2000.

Pintu mobil tidak tertutup rapat

Pintu mobil yang tidak tertutup rapat bisa jadi salah satu penyebab dari alarm tidak bunyi. Pintu yang tidak rapat bisa mengakibatkan sistem tidak bekerja. Memang sangat sederhana, meskipun kita sedang buru-buru pastikan pintu mobil tertutup rapat.

Sistem alarm mobil bermasalah

Selanjutnya adalah apabila kita tidak pernah melakukan pengecekan ataupun servis hal ini juga bisa menjadi masalah utama dari alarm yang tidak berfungsi. Pengecekan rutin ke bengkel ini adalah untuk menjaga setiap komponen mobil agar tetap prima.

Baterai central lock habis

Central lock ini terletak di bagian pintu mobil dan memiliki baterai ketika habis maka perlu diganti baru. Untuk mengganti ini bisa dilakukan di bengkel terdekat sekaligus melakukan pengecekan terhadap mobil secara berkala agar tidak ada masalah serius pada mobil.

KHOLIS KURNIA WATI | AUTO2000

Baca juga: 6 Tips Berkendara Aman saat Musim Hujan

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto

#Alarm Mobil
#Kunci Mobil
#Pintu Mobil
#Auto2000
#Bengkel

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi