Sepeda Motor Bisa Masuk Jalan Tol? Tunggu di Ibu Kota Baru
Reporter: Caesar Akbar
Editor: Nurdin Saleh
Selasa, 24 September 2019 15:04 WIB
Ilustrasi sepeda motor. ANTARA/Fanny Octavianus
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Jalan tol yang bisa dilalui sepeda motor? Hal itu akan terwujud saat proyek pembangunan Jalan Tol Balikpapan - Penajam Paser rampung dilakukan.

Jalan tol ini akan dibangun untuk menopang ibu kota baru. Seperti diumumkan Presiden Joko Widodo alias Jokowi ibu kota baru itu akan dibangun di wilayah administratif Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol Danang Parikesit mengatakan pemerintah telah melaksanakan tender untuk proyek pembangunan Jalan Tol Balikpapan - Penajam Paser. 

"Penawaran sudah masuk," ujar Danang di Auditorium Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Senin, 23 September 2019. Proyek tersebut diprakarsai oleh PT Waskita Toll Road.

Adapun kisaran nilai proyek untuk jalur bebas hambatan tersebut berkisar sekitar Rp 15 triliun. Danang mengatakan jalan tol tersebut direncanakan sepanjang 10 kilometer, dengan sebagian jalan akan berada di atas sungai. Di samping itu, jalan tol tersebut juga direncanakan bisa dilalui oleh sepeda motor, seperti jalan tol di Bali.

Saat ini, proses itu masuk ke proses evaluasi akhir dan pengumuman pertama pemenang lelang. Kalau hanya satu yang masuk, maka pemerintah akan langsung melakukan negosiasi.

Danang belum mengetahui sampai sekarang ada berapa perusahaan yang telah mengajukan penawaran. "Saya belum bisa bicara karena panitia tender bukan saya, sejauh ini yang jelas pemrakarsa ikut," kata dia.

Berdasarkan pantauannya di lapangan, hanya pemain nasional yang ikut tender itu. Namun, ia mengatakan kondisi tersebut belum final lantaran akan ada evaluasi akhir hasil tender.

Danang berharap pengumuman lelang bisa dilakukan pada akhir tahun ini. Sehingga, Perjanjian Pengusahaan jalan tol bisa dilakukan tahun depan. Disusul dengan pengadaan lahan dan konstruksi.

CAESAR AKBAR

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi