Kiat Hongqi Mobil Mewah Cina Sukses di Pasaran
Reporter: Wawan Priyanto
Editor: Eko Ari Wibowo
Selasa, 31 Desember 2019 09:00 WIB
Hongqi memamerkan produknya di Frankfurt Motor Show. Sumber: autocar

GOOTO.COM, Jakarta - Produsen mobil super mewah asal Cina, Hongqi, mencatat penjualan tahun ini lebih dari tiga kali lipat angka pada tahun 2018. Pencapaian ini menjadikan Hongqi sebagai merek otomotif premium pertama dan satu-satunya negara itu yang memiliki volume penjualan tahunan 100 unit kendaraan dalam setahun.

Di Cina, Hongqi menjadi rival mobil premium Rolls-Royce. Hongqi juga menyediakan mobil limusin dengan spesifikasi super mewah dan modern untuk Presiden Republik Rakyat Cina, Xi Jinping. 

"Penjualan kami pada 26 Desember mencapai 100.000, target yang kami tetapkan untuk 2020, yang berarti kami telah merealisasikan tujuan kami satu tahun lebih cepat dari jadwal," kata pejabat perusahaan itu dalam sebuah pernyataan pekan lalu seperti dikutip dari China Daily, Senin, 30 Desember 2019.

Hongqi mengatakan model yang diluncurkan tahun ini - HS5 dan HS7 SUV dan kendaraan listrik E-HS3 - memberikan kontribusi terbesar terhadap kenaikan penjualan. Tahun lalu, penjualannya adalah 33.028.

Hongqi juga menawarkan sedan H7 dan H5 serta limusin super mewah L5 di pasar. Didirikan pada tahun 1958, Hongqi dikenal dengan limusin dan parade mobil-mobil yang dibuat untuk para pemimpin Cina, tetapi penjualannya bisa disebut tak menggembirakan hingga baru-baru ini yang mencapai 100 ribu unit.

Jadi grup ini memulai kampanye pada awal 2018 untuk merevitalisasi merek, bertekad untuk menjadikannya sebagai mobil nomor 1 di negara ini dan yang terkenal secara global.

FAW kemudian mengatakan akan memobilisasi sumber daya terbaik grup, memilih pemasok terbaik dan membangun fasilitas manufaktur kelas atas untuk Hongqi.

Ketua Xu Liuping mengatakan Hongqi akan meluncurkan 17 model baru pada tahun 2025 termasuk sedan dan SUV. Lineup yang berkembang akan membantu mengubah Hongqi dari merek yang dikenal dengan limusin untuk kepala negara menjadi merek populer dengan pengikut yang lebih besar.

"Hongqi menargetkan penjualan tahunan 300.000 unit pada 2025 dan 500.000 unit pada 2035," kata Xu ketika mengungkap strategi pada awal 2018. Analis mengatakan bahwa pertumbuhan penjualan Hongqi tahun ini adalah suatu prestasi terutama mengingat pasar kendaraan yang lesu.

Total penjualan kendaraan di Cina mencapai 23,11 juta dalam 11 bulan pertama tahun ini, turun 9,1 persen tahun-ke-tahun, menurut statistik dari Asosiasi Produsen Otomotif China.

Selain model-model baru, popularitas Hongqi juga dikaitkan dengan meningkatnya jumlah program branding termasuk kemitraan dengan Palace Museum dan Marathon Changchun, kata para analis.

Kehadirannya di Consumer Electronics Show di Las Vegas pada bulan Januari 2019 memukau banyak orang. Dan Hongqi juga memamerkan dua kendaraan konsep di pameran mobil Frankfurt pada bulan September 2019.

S9 adalah model hypercar pertama Hongqi yang menawarkan kecepatan maksimum 400 kilometer per jam dan akselerasi 100 kilometer dalam waktu 1,9 detik. Model ini dilengkapi dengan sistem hybrid V8T yang baru dikembangkan dengan daya maksimum 1.400 tenaga kuda.

E115 adalah konsep SUV listrik pintar Hongqi. Dan kendaraan off-road penggerak empat roda dengan rentang muatan tunggal 600 km menawarkan sistem autopilot dan waktu akselerasi 0 hingga 100 km per jam dalam waktu kurang dari empat detik.

Sementara itu, Hongqi telah mengembangkan kemitraan dengan perusahaan teknologi termasuk Huawei, Baidu, Intel dan iFlytek, serta perguruan tinggi termasuk Universitas Jilin untuk menggarap teknologi di industri otomotif.

"Kami bergerak menuju sasaran strategis kami untuk menjadi orang-orang muda yang berorientasi, berorientasi pasar dan berorientasi global," kata produsen mobil itu.

#Hongqi
#Mobil Mewah

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi