Ini Alasan Program Drag Race Motor Listrik Hadir di IIMS 2020
Reporter: Wira Utama
Editor: Eko Ari Wibowo
Kamis, 13 Februari 2020 18:52 WIB
Staf pengurus mencoba sepeda motor listrik yang dibagikan untuk pengurus-pengurus masjid di halaman kantor Nahdlatul Ulama Wilayah Jawa Barat di Bandung, Jumat 1 November 2019. 15 unit sepeda motor listrik rakitan lokal berdaya 2.500 watt ini dibagikan untuk mendukung pemberdayaan ekonomi masjid melalui kerja sama dengan unit-unit usaha di DKM. TEMPO/Prima mulia

GOOTO.COM, Jakarta - Pameran Otomotif Indonesia International Motor Show akan menyuguhkan beragam program khusus motor listrik di JIExpo Kemayoran pada 9 - 19 April 2020. Mulai dari kompetisi kustom hingga ajang Drag Race.

"Untuk drag race hanya exhibition, sifatnya buat seru-seruan aja. Kita mau menunjukan pada masyarakat, bahwa electric can be powerfull. Semoga ada yang bisa tembus di bawah 10 detik untuk 201 meter," kata Member Komunitas Sepeda/Motor Listrik Indonesia (KOSMIK), Hendro Sutono kepada Tempo, Kamis, 13 Februari 2020.

Selain drag race, IIMS 2020 juga menghadirkan program baru untuk kendaraan listrik, baik sepeda maupun motor. Yaitu, Custom E-Moto Expo. "Kompetisi ini dibagi 2 kelas. Freestyle dan Enthusiast,"ujarnya.

Kelas freestyle, kata Hendro adalah kelas untuk para modifikator yang mendapat pinjaman motor dari sejumlah merek, seperti Zero, Selis E-MAX, dan Selis Garuda untuk dimodifkasi. Motor donor itu kata dia, sudah diundi dan telah diserahkan kepada para builder pada senin 10 februari 2020 lalu.

"Target kita adalah ingin mendekatkan teknologi elektrik kepada bengkel-bengkel modifikasi. Agar mereka juga bisa segera mungkin menguasai teknologi kendaraan listrik,"ujarnya.

Selanjutnya, untuk kelas Enthusiast akan diikuti oleh siapa pun peserta yang memiliki ketertarikan terhadap teknologi kendaraan listrik, khususnya roda dua. Di kelas ini, basis kendaraan dibebaskan, sehingga diharapkan akan muncul kreatifitas pada kendaraan yang akan ditampilkan.

"Kita harap ini ajang ini akan memunculkan design-design lokal yang akan membantu menumbuhkan ekonomi kreatif,"ujarnya.

KOSMIK sendiri merupakan salah satu komunitas yang digandeng Dyandra Promosindo dalam menyelenggarakan IIMS 2020. Komunitas yang sudah belasan tahun berdiri ini diharapkan bisa memabnti IIMS untuk mempopulerkan kendaraan listrik.

Untuk diketahui, IIMS 2020 juga akan menampilkan sejumlah brand baru dari motor listrik. Project Manager IIMS, Rudi MF menyebut bahwa selain Electro, nantinya akan ada brand baru yang akan segere diumumkan.

"Yang jelas lebih dari satu brand baru motor listrik. lokal maupun internasional,"ujarnya saat ditemui di Kawasan Ancol kemarin. "Tapi yang sudah resmi, ada brand baru bernama Electro, dia akan menempati space premium di dekat Honda dan Kymco nantinya."ucap Rudi.

#IIMS 2020
#Motor Listrik

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi