Tips Membongkar Busi Sepeda Motor, Simak Langkah dan Peralatannya
Reporter: Gooto.com
Editor: Wawan Priyanto
Rabu, 1 April 2020 09:18 WIB
Ilustrasi busi. (NGK)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Sejak pertengahan Maret 2020 banyak masyarakat yang bekerja dari rumah. Hal ini disebabkan karena wabah virus corona yang semakin meluas. Belakangan, gerakan dengan tagar #dirumahsaja semakin gencar untuk menghambat penyebaran virus mematikan itu. 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Artinya, banyak pengguna sepeda motor terpaksa mengurangi kegiatan riding-nya. Bahkan tak jarang sepeda motor mereka sama sekali tidak digunakan dalam waktu yang lama. Karena tidak digunakan, ada baiknya pemilik sepeda motor untuk memeriksa kondisi tunggangan kesayangannya. Terutama di sektor pengapian yang merupakan bagian vital dari sebuah mesin. 

Membongkar busi sepeda motor sebenarnya sangat mudah dilakukan. Peralatan yang dibutuhkan cukup sederhana, hanya membutuhkan kunci standar untuk membuka kompartemen, kunci busi sesuai dengan kendaraan masing-masing, serta tambahan kaca pembesar untuk melihat seberapa kerusakan pada busi. 

Busi yang sudah dibuka segera dilakukan pengecekan dengan menggunakan kaca pembesar untuk dilihat gejalanya. Gejala-gejala seperti carbon fouling, overheat, corona stain, flash over bahkan keausan normal pun bisa dilihat secara jelas. 

Secara normal pemakaian busi biasanya akan mengalami pengerakan karbon ataupun tingkat keausan tinggi kalau sudah seperti ini penggantian busi menjadi alternatif pilihan terbaik dibandingkan membersihkannya. 

Untuk proses membersihkannya juga perlu diperhatikan beberapa hal, kalau hanya membersihkan kerak kotoran yang menempel cukup menggunakan penetran pembersih kampas rem saja kemudian di bersihkan menggunakan kain. "Tidak disarankan membersihkan menggunakan amplas ataupun benda tajam seperti sikat kawat," tulis NGK dalam keterangan resminya yang diterima Tempo, Selasa, 31 Maret 2020. 

Jika karbon sudah memenuhi seluruh permukaan elektroda dan insulator maka tidak ada jalan lain selain mengganti busi lama dengan yang baru dan itu membantu kita mengembalikan performa busi menjadi seperti baru agar kenyamanan dan keamanan berkendara menjadi lebih terjamin.

Eits, kalau sudah dibongkar, jangan lupa memasangnya kembali. Langkahnya juga sama mudahnya ketika membongkar. Selamat mencoba. 

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi