Tips Membersihkan Busi, Jangan Pakai Amplas dan Sikat Kawat
Reporter: Gooto.com
Editor: Wawan Priyanto
Rabu, 1 April 2020 09:24 WIB
Kerak atau kotoran pada elektroda dan insulator busi. (NGK Busi Indonesia)

GOOTO.COM, Jakarta - Membersihkan bagian dasar busi yang terdiri dari elektroda dan insulator dengan amplas dan skiat kawat sering sering dilakukan banyak orang, termasuk di bengkel-bengkel umum. Nah, ternyata hal tersebut tidak dianjurkan karena kerak akan timbul kembali begitu busi digunakan. 

Aftermarket Technical Support PT NGK Busi Indonesia, Diko Oktaviano, mengatakan bahwa meski busi bersih dari kerak tapi lambat laun akan muncul kerak baru lagi. "Betul bisa hilang (keraknya), tapi setelah dipakai, kerak itu akan muncul lagi," kata Diko kepada Tempo, Selasa, 31 Maret 2020. 

Diko menyarankan untuk sekadar membersihkan busi pada sepeda motor atau mobil dari debu cukup menggunakan kain lap. Jika perlu, lanjur dia, menggunakan cairan penetrant pembersih kanvas rem. "Kalau dibersihkan menggunakan amplas atau sikat kawat kecil harapannya untuk bisa memiliki performa yang optimal," ujarnya. 

Kerak itu, kata Diko, merupakan material asing yang menyatu ke bagian elektroda dan insulator, kemudian menutup jalur listrik. Nah, karena itulah meski sudah dibersihkan kemudian muncul kerak baru maka kinerja busi tak lagi maksimal. 

Diko menambahkan bahwa jika akumulasi karbon (kerak) yang timbul dari proses penggunaan busi pada mesin sudah memenuhi seluruh permukaan elektroda dan insulator maka tidak ada jalan lain selain mengganti busi lama dengan yang baru agar performanya kembali maksimal.

#Busi
#Busi NGK
#NGK Busi Indonesia
#Sepeda Motor

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi