Mobil Listrik Nissan NV400 EV Jadi Ambulans di Tokyo
Reporter: Gooto.com
Editor: Wawan Priyanto
Senin, 18 Mei 2020 12:39 WIB
Ambulans Nissan NV400 EV diperkenalkan di Tokyo, Jepang, 18 Mei 2020. (Nissan Global)

GOOTO.COM, JakartaNissan Motor Co., Ltd. dan Departemen Pemadam Kebakaran Tokyo meluncurkan ambulans berbasis mobil listrik, Nissan NV400 EV. Ambulans tersebut melengkapi armada tambahan untuk cabang Ikebukuro, Tokyo, dan menjadi ambulans nol emisi pertama di Jepang. 

Proyek ini merupakan hasil kolaborasi antara Nissan, Pemadam Kebakaran Tokyo dan Pemerintah Metropolitan Tokyo.

"Nissan sangat percaya pada mobilitas yang berkelanjutan dan berusaha untuk berkontribusi pada dunia dengan nol emisi dan nol kematian," kata Ashwani Gupta, perwakilan pejabat eksekutif dan chief operating officer Nissan dalam keterangan resminya, 18 Mei 2020.

“Proyek ini adalah contoh hebat dari upaya kami untuk meningkatkan aksesibilitas kendaraan ramah lingkungan kepada masyarakat setempat.”

Pengenalan ambulans EV pertama dalam armada Pemadam Kebakaran Tokyo adalah bagian dari inisiatif "Zero Emission Tokyo" Pemerintah Metropolitan Tokyo.

Nissan EV Ambulance dilengkapi dengan tandu listrik yang memungkinkan kemudahan pengoperasian bagi staf ambulans.

Peralatan medis modern di dalam ambulans Nissan NV400 EV. (Nissan Global)

Berkat powertrain EV-nya, tingkat kebisingan dan getaran dalam kendaraan secara signifikan lebih rendah dibandingkan dengan kendaraan bermesin bensin, membantu mengurangi dampak negatif pada pasien serta staf yang menangani peralatan sensitif.

Dua paket baterai lithium-ion mendukung kemampuan EV-nya (33 kilowatt-jam) dengan baterai tambahan (8 kWh) memungkinkan penggunaan peralatan listrik dan sistem pendingin udara yang lebih lama. Ambulans juga dapat berubah menjadi sumber daya bergerak jika terjadi pemadaman listrik atau bencana alam. Sederhananya, dapat dipakai sebagai genset darurat untuk kebutuhan listrik rumah tangga saat terjadi bencana alam.

Mobil listrik ambulans Nissan dibangun dari platform Nissan NV400 yang saat ini dijual di Eropa.

Bodywork yang dijalankan oleh Autoworks Kyoto ini sesuai dengan peraturan Jepang dan dirancang untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. Paket ambulans yang kuat dan praktis dikembangkan oleh Gruau, sebuah perusahaan bodywork kendaraan darurat besar Eropa.

Spesifikasi Ambulance Nissan NV400 EV:

Panjangnya: 5.548 mm; lebar: 2.070 mm; tinggi: 2.499 mm

Bobot kendaraan kotor: 3,5 ton

Jumlah kru dan penumpang: 7

Motor listrik: output daya maks 55 kilowatt; torsi maksimum 220 Nm

Powertrain utama: baterai lithium-ion, kapasitas 33 kWh, pengisian AC200; maksimum 7 kw; muatan normal (Tipe 2)

Baterai untuk aktivasi peralatan: kapasitas 8kWh; mengisi daya AC100V 1,5 kW

#Nissan
#Mobil Listrik
#Nissan NV400 EV

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi