Mini1991 Ini Pakai Mesin Kawasaki Ninja ZX-10R, Suara Melengking Sangar
Reporter: Gooto.com
Editor: Wawan Priyanto
Minggu, 30 Agustus 2020 20:21 WIB
Mini Cooper 1991 ini telah dimodifikasi, mesinnya diganti dengan mesin Kawasaki Ninja ZX-10R. (Carscoops)

GOOTO.COM, JakartaModifikasi kali ini benar-benar liar, menyulap sebuah Mini Cooper klasik buatan 1991 menjadi monster yang menakutkan. Bagaimana tidak? Mesin standar Mini itu dibuang, diganti dengan mesin sepeda motor Kawasaki Ninja ZX-10R. Itu adalah mesin motor langganan juara Kejuaraan Dunia Superbike!

Mesin berkapasitas 998 cc itu ditempatkan tepat di belakang jok depan. Membuat Mini jadul itu berhak menyandang mobil mid-engine range. Di bawah kap mesin di depan, dibiarkan kosong. Monster Mini modifikasi ini kemudian diunggah di akun Youtube Roads Untraveled dengan judul “This Custom Mid-Engine Mini Revs to 13.000 RPM! | Outrunning Sanity”Tak dijelaskan mesin Ninja ZX-10R tahun berapa yang dicangkokkan pada Mini itu. Kemungkinan besar mesin ZX-10R model pertengahan tahun 2000-an. Jika benar, mesin itu sanggup memompa daya 150 hp dan dikawinkan dengan transmisi manual 6-percepatan standar bawaan Kawasaki. Tenaga sebesar itu. Itu adalah kekuatan yang besar untuk kendaraan sekecil dan seringan Mini.

Lantas bagaimana performanya? Suara khas sebuah superbike berkemampuan tinggi terdengar jelas saat mobil ini digeber maksimal. Suaranya yang sangat keras membuat reviewer dari Roads Untraveled terpaksa menggunakan penutup telinga saat mengendarainya. Akselerasinya juga terlihat sangat cepat dan tentu saja, berada di balik kemudi Mini monster ini sungguh menyenangkan.Menariknya, Ninja ZX-10R dibekali sistem Kawasaki Quick Shifter, yang juga ikut disertakan di dalam modifikasi ini. Sistem ini membuat perpindahan gigi (upshift maupun downshift) tak perlu menekan tuas kopling. Sistem ini bekerja saat jarum rpm menunjuk angka 7.000 ke atas. Saat gigi pertama, tentu masih harus menginjak kopling. 

Selain melakukan penggantian mesin, pemilik Mini juga bekerja secara ekstensif untuk mengubah eksterior dan interior. Dengan demikian, Mini memiliki fitur lengkungan roda yang lebar, bumper depan dan belakang yang unik, diffuser belakang yang mencolok, dan sayap belakang untuk menambah aerodinamika.

Modifikasi juga dilakukan di bagian dalam. Ada roll cage, dasbor khusus, dan jok balap. Bagaimana, tertarik memodifikasi Mini jadul dengan mesin superbike seperti Ninja ZX-10R? Simak video lengkapnya di bawah ini.

#MINI
#Mini Cooper
#Kawasaki Ninja
#Ninja ZX-10R
#Modifikasi

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi