Nissan Livina Buatan Indonesia Akan Diekspor Tahun Depan
Reporter: Gooto.com
Editor: Wawan Priyanto
Kamis, 3 September 2020 19:32 WIB
Nissan Livina di Kelenteng Sa Opo Kong, Semarang, 24 Juni 2019. TEMPO/Wira Utama
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaNissan Motor Corp telah menutup pabrik perakitan Nissan di Indonesia beberapa waktu lalu. Meski demikian, Nissan masih menaruh harapan besar terhadap bisnisnya di Indonesia. Bahkan, produsen mobil terbesar kedua di Jepang itu berencana untuk melakukan ekspor Nissan Livina yang diproduksi di pabrik Mitsubishi di Cikarang, Bekasi. 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

“Tahun depan kami akan mengekspor Livina ke Filipina,” kata Presiden Direktur PT Nissan Motor Indonesia (NMI), Isao Sekiguchi, kepada Tempo di Senayan, Jakarta, Kamis, 3 September 2020.

Nissan Livina merupakan kendaraan keluarga 7 penumpang kembaran Mitsubishi Xpander. Livina merupakan salah satu tulang punggung penjualan Nissan di Indonesia sejak akhir tahun 2000an. “Indonesia masih menjadi negara penting bagi Nissan, dan kami tetap berkomitmen untuk mengembangkan bisnis di Indonesia, termasuk ekspor,” ujarnya.

Untuk pabrik perakitan di Purwakarta, dia melanjutkan, untukn sementara Nissan Motor masih melakukan studi terkait rencana masa depan. “Sangat mungkin akan kembali dilakukan produksi di masa mendatang,” kata dia.

Sebelum ada Xpander, Nissan sebenarnya sudah lama menjual Livina di Indonesia. Namun, model barunya tak lagi dikembangkan. Nissan kemudian me-rebadge Xpander dan menjual All New Livina pada 10 Februari 2020. Penjualan Nissan kembali berkembang setelah menyusut dalam 6 tahun terakhir.

Meski hanya me-rebagde Xpander, Livina tampil dengan eksterior yang lebih dinamis dan stylish. Identitas serta konsistensi terlihat mulai bagian desain V-motion pada gril dan lebih modern dengan Dual Led Signature dengan Day Time Running Light (DTRL).  

Lampu belakang disematkan kombinasi LED, jadi pencahayaan lebih optimal. Velg alloy 16 inci dengan two-tone machining menjadikannya makin stylish. Mobil ini sudah dilengkapi kamera belakang dengan sensor parkir, menjadikannya mudah untuk parkir bahkan di ruang sempit. Warna terbagi menjadi lima yaitu, Ruby Red, Sunset Orange, Black Knight, Timeless Grey, Silver Tech, dan White Pearl. 

Bagian interior, head unit Livina menggunakan layar sentuh 7 inci dengan Apple CarPlay dan Android Auto, sehingga memudahkan untuk terhubung dengan smartphone, baik untuk menikmati musik hingga melakukan navigasi. Tampilan speedometer juga lebih modern dengan eco indikator. Tak hanya itu, charging port 12V juga tersedia di setiap baris penumpang. Kemudi sudah dilengkapi Tilt Steering untuk mengatur posisi ke atas-bawah dan Telescopic Steering mengatur maju-mundur.

Kabin juga lebih lega, nyaman, dan premium dengan kursi berlapis kulit (tipe VL) di setiap barisnya. Kekedapan suara dan kualitas suspensi mobil makin memanjakan di dalam kabin. Adanya I-Key dan Start/Stop Button memudahkan untuk masuk ke dalam mobil tanpa harus mengeluarkan kunci, menghidupkan atau mematikan mesin mobil cukup sekali tekan tombol. 

Fitur keselamatan mobil ini sudah dilengkapi Hill Start Assist (HSA), ini membantu menjaga posisi mobil agar tidak mundur saat menanjak sebelum mobil berjalan. Kemudian Vehicle Dynamic Control (VDC) membantu mobil tetap stabil ketika tergelincir. Ada juga Traction Control System (TCS), membuat tetap nyaman dan aman saat berakselerasi di tikungan, karena fitur ini mencegah ban mengalami selip dan sulit dikendalikan.

Nissan Livina terbaru memiliki dimensi panjang 4510 mm, lebar 1750 mm, tinggi 1700 mm, dan jarak sumbu roda 2775 mm, ground clearance 205 mm. Mesin berkapasitas 1499 cc yang mampu menyemburkan 104 PS pada 6000 rpm dengan torsi 141 Nm pada 4000 rpm.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi