Suzuki Indonesia Berharap Jimny Bisa Diproduksi di Indonesia
Reporter: Gooto.com
Editor: Wawan Priyanto
Kamis, 21 Januari 2021 19:12 WIB
Suzuki Jimny, 6 Agustus 2020. TEMPO/Wawan Priyanto
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Suzuki Jepang telah mengumumkan dimulainya produksi Suzuki Jimny di Pabrik Gurgaon, India, 20 Januari 2021. Pengumuman ini sekaligus ditandai dengan ekspor perdana Jimny ke Amerika Latin. Kolombia dan Peru merupakan negara pertama yang mencicipi Jimny rakitan India.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Menanggapi hal tersebut, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) masih berharap Suzuki Jimny bisa diproduksi secara lokal di Indonesia. "Harapannya begitu, bisa diproduksi lokal," kata Dony Ismi Saputra, 4W Marketing Director PT SIS kepada Tempo, Kamis, 21 Januari 2021. 

Dony menyampaikan bahwa saat ini Jimny masih didatangkan dari Jepang secara utuh (Completely Built Up/CBU). Ia pun mengaku belum memiliki informasi apakah Indonesia akan mendapatkan tambahan kuota terkait dirakitnya Jimny di India. Baca juga: Suzuki Jimny Buatan India Mulai Diekspor ke Amerika LatinSuzuki Indonesia memiliki kenangan manis saat memproduksi SUV mungil ini pada era 1980-1990an. Meski saat itu yang diproduksi adalah Suzuki Katana berpenggerak 4x2. Model ini cukup populer di kalangan anak muda ketika itu. 

Suzuki Jimny 2020. TEMPO/Wawan PriyantoSaat ditanya apakah waktu pemesanan Jimny bisa dipersingkat dengan adanya perakitan di India, Dony belum dapat memastikannya. "Terus terang belum ada informasi sejauh ini. Kami masih mendapatkan unit dari Jepang," kata dia. Indonesia hanya mendapatkan jatah atau kuota Jimny rata-rata 50 unit per bulan. Sepanjang tahun 2020, total penjualan (wholesales) Jimny di Indonesia mencapai 977 unit. 

Baca: Maruti Akan Produksi Suzuki Jimny di India, Indonesia Kapan?Berdasarkan data perusahaan, per Januari 2021 harga Jimny yang mengisi segmen SUV Kompak di Indonesia mengalami kenaikan. Tipe termurah (MT Single Tone) adalah Rp 395,5 juta, AT (Single Tone) Rp 408 juta, MT (Two Tone) Rp 398,5 juta, dan AT (Two Tone) Rp 411 juta.

Padahal harga Suzuki Jimny saat diluncurkan pada pameran otomotif GIIAS 2019 hanya Rp 315,5 juta (MT Single Tone), Rp 328 juta (AT Single Tone), Rp 317,5 juta (MT Two Tone), dan Rp 330 juta (AT Two Tone). 

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi