Tarif Wah Taksi di Pedalaman Papua, Tembus Rp 4 Juta Sekali Jalan
Reporter: Tempo.co
Editor: Wawan Priyanto
Rabu, 7 April 2021 08:23 WIB
Penumpang duduk di bak taksi dalam perjalanan menuju Tolikara, Papua, 11 Desember 2015. TEMPO/Maria Rita
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaTaksi mewah di Jakarta umumnya menggunakan armada mobil-mobil premium seperti Toyota Alphard atau sedan Mercedes-Benz E-Class. Di Papua, terutama di daerah pedalaman, taksi mewah didominasi mobil-mobil berpenggerak 4x4 seperti Toyota Hilux, Mitsubishi Triton, Ford Ranger, Mitsubishi Pajero Sport. Ada juga yang memakai Toyota Kijang Innova. 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Lantas berapa ongkos taksi mewah di Papua itu? 

Hari Suroto yang bekerja sebagai arkeolog di Balai Arkeologi Papua menjelaskan, sewa taksi untuk ke pedalaman Papua hitungannya charter. Menurutnya, biayanya tergantung jaraknya, semakin jauh tentu lebih mahal ongkosnya.

“Pada umumnya sekali ke pedalaman bayar charter Rp 3,5 juta. Itu untuk kondisi jalan mulus walau pun tanah. Kalau berlubang bisa lebih dari Rp 4 juta,” ujar dia kepada Tempo, Selasa, 6 April 2021.

Baca juga: Taksi Papua Pakai Mobil Pikap Modifikasi, Pemakai Koteka Dilarang Naik

Taksi di pedalaman Papua melayani beberapa rute. Mulai dari wilayah Pegunungan Merauke-Bovendigoel, Nabire-Paniai, termasuk Sorong- Tambrauw.

Sedangkan untuk tarif perorangan taksi mewah pedalaman Papua dibanderol mulai Rp 350 ribu hingga Rp 600 ribu.

Dia menjelaskan, taksi untuk rute pedalaman yang menggunakan mobil Toyota Hilux, Mitsubishi Triton, dan Ford Ranger adalah pikap pengangkut barang. Sedangkan Mitsubishi Pajero Sport dan Toyota Kijang Innova umumnya sebagai kendaraan pribadi dan keluarga.

Menurut Hari, taksi mewah di Papua ini sering mengangkut penumpang melebihi kapasitas. Beberapa mobil double cabin yang seharusnya berkapasitas lima orang ditumpangi lebih dari itu. “Bahkan masih ditambah dengan muatan hasil kebun, babi atau sembako.”

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi