Google dan BMW Akan Jadikan HP sebagai Kunci Mobil Digital
Reporter: Terjemahan
Editor: Rafif Rahedian
Jumat, 21 Mei 2021 15:58 WIB
Ilustrasi perkembangan teknologi smartphone.
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaGoogle telah mengumumkan bakal bekerja sama dengan BMW untuk menjadikan handphone (HP) sebagai kunci mobil digital.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Nantinya, para pemilik mobil diharapkan bisa mengunci, membuka kunci atau bahkan menyalakan kendaraan hanya dengan menggunakan HP Android.

Meskipun Google belum mengumumkan secara detail tentang fitur ini, namun mereka telah mengonfirmasi bahwa kunci digital tersebut menggunakan teknologi Ultra-Wideband (UWB).

Teknologi itu adalah bentuk transmisi radio, di mana sensor dapat mengetahui arah sinyalnya, seperti radar. Dengan begitu, HP Anda bisa mengidentifikasi dan menemukan objek dengan pemancar UWB.

Menurut laporan Hindustan Times, teknologi tersebut nantinya membuat para pemilik mobil tidak perlu lagi mengeluarkan HP untuk mengunci dan membuka kunci kendaraan mereka.

Google juga dikabarkan akan menggunakan teknologi NFC atau komunikasi jarak dekat, yang membuat pemilik mobil hanya perlu mengetuk HP ke pegangan pintu.

Penggunaan kunci digital dari HP ini nyatanya tidak akan membuat rumit saat mobil dipinjamkan ke orang lain. Karena kunci mobil digital itu bisa dibagikan ke orang lain dari jarak jauh dan tentunya aman.

VP of Engineering Google, Erik Kay menjelaskan bahwa ia ingin menjadikan kehidupan lebih mudah dengan menggunakan HP.

“Saat membeli ponsel akhir-akhir ini, kami tidak hanya membeli ponsel, tetapi juga seluruh ekosistem perangkat yang diharapkan dapat bekerja bersama - seperti TV, laptop, mobil, dan perangkat yang dapat dikenakan seperti jam tangan pintar atau pelacak kebugaran," tulisnya.

BMW sendiri dikabarkan sudah menjadikan Google sebagai mitranya. Mungkin, produk BMW akan menjadi yang pertama menggunakan kunci mobil digital dari HP.

Baca: Belum Dijual, Skuter Listrik BMW Definition CE 04 Terlihat di Jalan Umum

HINDUSTAN TIME

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi