5 Tips Safety Riding Yamaha untuk Wanita Pengendara Motor di Jalan Raya
Reporter: Non Koresponden
Editor: Jobpie Sugiharto
Selasa, 15 Juni 2021 12:09 WIB
Anggota Polisi Wanita melakukan penindakan terhadap pengendara sepeda motor yang yang keluar dari jalur khusus motor di Jl. Merdeka Barat, Jakarta, 8 Februari 2018. Pengendara motor yang tidak lewat jalur khusus ditilang dengan denda maksimal Rp 500 ribu. Tempo/Fakhri Hermansyah

TEMPO.CO, Jakarta- Bagi wanita pengendara sepeda motor bisa menjadi pilihan alat transportasi untuk beraktivitas. Yamaha Riding Academy (YRA) dari Yamaha DDS 3 (Jawa Tengah – DIY) Johannes BMS menemukan bahwa pengendara wanita harus lebih peduli dalam safety riding.

”Panduan dari tim Yamaha Riding Academy yang perlu diperhatikan oleh pengendara wanita,” kata Chief Yamaha DDS 3 Johannes BMS hari ini, Selasa, 15 Juni 2021.

Yamaha memberikan beberapa poin safety riding yang dapat diterapkan oleh pengendara motor wanita di jalanan: 

1. Gunakan safety gear lengkap Pakailah peralatan yang berbahan nyaman dan ukuran yang pas agar tubuh terlindungi dengan baik. Gunakan sarung tangan untuk berkendara sepeda motor dan hindari menggunakan sarung tangan satamo, agar pergerakan tangan lebih maksimal.

Yamaha memberika tips, untuk sepatu pastikan dengan alas rata/sepatu sport. Hindari sepatu berhak tinggi agar tidak mengganggu keseimbangan saat berhenti.

2.  Kerudung tidak menutupi lampu belakang Bagi hijabers disarankan menggunakan jaket agar kerudung tidak berkibar dan menutupi lampu belakang. Pakai celana panjang atau rok panjang agar dapat melindungi kaki dengan maksimal. Wanita pengendara hindari membawa tas di samping/handbag agar tidak tersangkut kendaraan lain.

3. Memboncengkan anakPastikan gunakan safety yang lengkap saat memboncengkan anak-anak. Wanita pengendara juga harus memperhatikan safety gear lengkap kepada anak.

Posisikan anak ada di belakang pengendara, hindari membawa anak balita sendirian karena balita belum bisa menggunakan safety gear yang lengkap.

4. Patuhi peraturan lalu lintas Selalu patuhi rambu-rambu dan peraturan lalu lintas. Wanita pengendara motor wajib menggunakan lampu sein sesuai peruntukannya dengan tepat agar tidak membingungkan pengendara lain.

5. Konsentrasi dalam berkendara Tips lainnya dari Yamaha adalah dalam berkendara, wanita pengendara motor harus selalu menjaga konsentrasi dan emosi. Pilihlah jalan yang aman, hindari jalan ramai seperti banyak truk dan pengendara yang kencangBaca: Detik-detik Wanita Bawa Kabur Motor Satpam

HIDAYAT SALAM

#Wanita
#Klub Motor Wanita
#Pembalap wanita
#Tips
#Tips Berkendara
#safety riding
#Yamaha
#Pengendara Motor
#jalan raya
#Motor

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi