Ganti Busi Motor, LIhat Tips dari Suzuki
Reporter: Bisnis.com
Editor: Jobpie Sugiharto
Minggu, 11 Juli 2021 17:02 WIB
Ilustrasi busi. (NGK)

GOOTO.COM, JakartaKomponen pertama yang bekerja ketika sepeda motor dihidupkan untuk menciptakan pembakaran adalah busi.

Penting bagi pemilik sepeda motor untuk melakukan penggantian busi jika memang sudah tidak layak digunakan. Kapan waktu yang tepat untuk mengganti busi?

Mengutip Suzuki, Bisnis menyebut waktu ideal mengganti busi sepeda motor adalah tiap 4.000 km pemakaian.

Ada dua hal yang perlu diperhatikan agar busi motor tetap prima. Pertama, bersihkan dari kotoran dan mengecek jarak elektroda sesuai spesifikasi motor.

Suzuki juga memberikan tips untuk mengetahui ciri-ciri busi yang hampir mati. Saat motor mulai susah distarter atau waktu starternya lebih panjang dari biasanya, itulah pertanda busi harus diganti. Apalagi jika suara motor mulai tersendat.

“Jika dilihat dari bentuk fisiknya, busi sudah terlihat hitam bercampur kotoran dan jarak penutup ke inti elektrodanya sudah mulai melar dari ukuran standar,” kata Suzuki seperti dikutip dari Bisnia hari ini, Minggu, 11 Juli 2021.

Jika motor sudah dalam keadaan seperti itu dan busi tidak segera diganti, maka bisa merusak bagian motor yang lain.

Suzuki juga menyatakan penggunaan busi standar masih bisa berfungsi dengan baik lebih dari 8.000 km. Namun, ini tergantung situasi dan kondisi busi.

“Penggunaan BBM yang terlalu boros akan membuat busi motor cepat mati," ujar Suzuki.

Baca: Cara Tepat Membersihkan Busi Motor

#Busi
#fungsi busi motor
#Sepeda Motor
#Motor
#Suzuki
#Tips

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi