Ingin Terlihat sebagai Pengemudi Andal, Berikut Dasar-dasar Melakukan Burnout
Reporter: Gooto.com
Editor: Rafif Rahedian
Kamis, 26 Agustus 2021 15:22 WIB
Aksi Burnout Holden tua dalam Car Meet Up: JogjaCARTa di Lapangan Parkir Stadion Maguwoharjo Yogya, Sabtu 16 November 2019. Tempo/Pribadi Wicaksono

GOOTO.COM, Jakarta - Tidak semua pengemudi mobil yang memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM) bisa melakukan aksi burnout yang sempurna. Bisa dikatakan hanya beberapa pengendara andal yang bisa memamerkannya secara aman.

Bagi para pecinta mobil atau otomotif, burnout merupakan salah satu teknik yang cukup keren untuk dilakukan. Namun, sangat tidak disarankan bagi pengemudi yang mencoba nekat melakukan teknik ini hanya untuk sekedar terlihat keren.

Mereka setidaknya harus mengetahui teknik dasar burnout sebelum akhirnya gagal dan terlihat menjadi tidak keren. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk bisa menyempurnakan aksi tersebut.

Pertama, Anda harus menentukan tempat yang aman dan tepat untuk melakukan burnout. Salah satu tempat yang cocok untuk berlatih burnout adalah jalanan tertutup atau bahkan lintasan balap.

Selanjutnya, pengemudi juga harus mengetahui cara pengereman dengan benar dalam waktu yang tepat. Karena, rem adalah kunci dalam memutar ban belakang hingga menimbulkan asap panas.

Jika kalian ingin melakukan burnout yang panjang, maka harus ada keseimbangan antara menginjak pedal rem dan pedal gas. Kaki kanan Anda nantinya bertugas untuk menjaga kecepatan roda saat melakukan burnout.

Dalam sistem pengereman itu ada dua metode yang bisa dilakukan. Pertama, lepaskan kaki kiri pada pedal koplin dan beranjak ke pedal rem ketika mobil sudah masuk ke gigi satu. Namun, dengan timing yang kurang tepat, mobil Anda bisa menerjang ke depan.

Kedua, pengemudi bisa mengandalkan satu kaki untuk menangani dua pedal sekaligus, yakni rem dan gas. Ketika mobil dalam keadaan gigi satu dan kopling terinjak, tahan pedal rem dengan bagian kiri kaki kanan. Sedangkan bagian kaki kanan lainnya tetap menekan pedal gas, sambil menjaga tekanan pada rem.

Dalam melakukan aksi ini, Anda diharuskan untuk mematikan sejenak fitur keamanan pada mobil, seperti kontrol traksi dan kontrol stabilitas. Dengan begitu, hanya pengendara yang memiliki kuasa pada kendaraan tersebut tanpa ada peringatan.

Baca: Tips Mudah Memeriksa Minyak Rem Mobil di Rumah

TOPGEAR

#Burnout
#Pengemudi
#Tips
#Mobil
#Rem Mobil

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi