Tips Mudah Memeriksa Minyak Rem Mobil di Rumah
Reporter: Terjemahan
Editor: Rafif Rahedian
Selasa, 18 Mei 2021 19:26 WIB
Ilustrasi memeriksa minyak rem mobil.
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Menjaga dan memeriksa minyak rem sangat peting bagi mobil, agar para pengemudi terhindar dari bahaya. Tanpa cairan tersebut, Anda tidak mungkin bisa menghentikan laju mobil secara maksimal, meski pedal rem sudah diinjak penuh.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Itu nampaknya sudah cukup menjelaskan betapa pentingnya minyak rem bagi kendaraan pribadi Anda. Maka dari itu, mulailah peka terhadapnya dan jangan membiarkan cairan tersebut habis dari tempatnya.

Sebagian besar mobil disarankan untuk mengganti minyak rem setiap satu hingga dua tahun sekali. Anda mungkin harus mulai rajin untuk membaca dan menelaah buku panduan mobil.

Cara untuk memeriksa minyak rem sendiri nyatanya tak semudah mengganti oli motor. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menunggu mesin mobil Anda dalam kondisi dingin.

Setelah itu, bukalah kap mobil dengan cara menarik tuas atau tombol yang ada di kabin pengemudi. Setiap kendaraan roda empat tentunya memiliki cara yang berbeda-beda, namun biasanya langkah itu adalah yang paling lumrah.

Ketika kap mobil sudah terbuka, maka carilah tempat penyimpanan minyak rem. Sekali lagi, Anda bisa melihatnya melalui buku panduan untuk mengetahui letak spesifik tempat tersebut.

Pemilik mobil pun disarankan untuk membersihkan tutup minyak rem sebelum akhirnya dibuka, dengan maksud menjaga cairan tetap bersih dan tidak terkontaminasi.

Anda juga harus memperhatikan warna dan tingkat kepenuhan minyak rem tersebut. Apabila cairan itu terlihat jernih dan sedikit berkurang dari batas ukurannya. Maka kalian disarankan untuk menambahkan minyak rem.

Ingat, penambahan cairan ini tidak boleh terlalu penuh. Karena hal itu akan menyebabkan kerusakan pada sistem rem Anda. Selain itu, cairan ini juga bisa merusak cat mobil dan kulit tangan kalian. Jadi, gunakanlah sarung tangan, demi menjaga keamanan diri sendiri.

Jika kondisi minyak rem Anda terlihat baik-baik saja, maka tutuplah kembali. Kalian tentunya tidak perlu mengganti atau menambahkan cairan dari reservoir. Pengemudi pun dipastikan bakal nyaman dan aman saat mengendarai mobil pribadinya.

Baca: 5 Tips Merawat Mobil Sepanjang Libur Lebaran Agar Tetap Apik

HOWSTUFFWORKS

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi