5 Tips Merawat Mobil Sepanjang Libur Lebaran Agar Tetap Apik
Reporter: Antara
Editor: Rafif Rahedian
Kamis, 13 Mei 2021 19:07 WIB
Ilustrasi pemeriksaan kolong mobil. (Peugeot)

GOOTO.COM, Jakarta - Merawat mobil merupakan tanggung jawab sang pemilik. Mereka wajib memperhatikan beberapa masalah agar kendaraan roda empat itu tak mengalami kerusakan fatal.

Mereka yang tidak bisa bepergian sepanjang libur Lebaran ini, disarankan untuk lebih memperhatikan perawatan mobil.

Ada beberapa tips merawat mobil di tengah aturan pemerintah yang melarang kegiatan mudik atau pulang kampung. Berikut ulasannya.

Mengecek Cairan Mobil

Pengecekan sejumlah cairan mobil sangat penting untuk menjaga kendaraan Anda tetap prima. Karena, hal itu akan mempengaruhi kinerja mobil Anda.

Beberapa cairan mobil yang wajib Anda cek adalah minyak rem, air aki, oli mesin, air radiator dan wiper fluid. Pemilik kendaraan harus memperhatikan bahwa cairan itu tercukupi.

Membersihkan Interior

Ketika mobil Anda tidak digunakan, maka ini adalah momen yang tepat untuk membersihkan bagian interior dalam. Salah satu yang wajib diperhatikan adalah kebersihan lantai kabin.

Tips mudahnya adalah dengan membersihkan bagian tersebut dengan cara melepas seluruh karpet lantai kabin. Lalu, gunakan alat pembersih seperti sapu kecil, vacuum cleaner hingga sikat.

Bersihkan Noda di Bagian Tak Terlihat

Meski tidak digunakan untuk perjalanan jauh, namun pemilik kendaraan harus memperhatikan noda-noda yang melekat pada bagian interior mobil.

Terutama pada bagian yang tidak terlihat, seperti bumper bawah. Pastikan bagian itu terhindar dari noda, dan gunakan cairan khusus agar tidak merusak lapisan cat.

Perawatan Ban

Ban mobil merupakan sebuah komponen penting yang wajib dirawat secara berkala. Anda bisa melakukannya dengan cara memeriksa alur ban tersebut.

Apabila ban mobil terdapat kerikil-kerikil kecil, maka para pengemudi wajib membersihkannya dengan menggunakan oben minus. Jangan lupa juga, Anda harus memperhatikan tekanan angin.

Menata Barang Tak Terpakai

Terakhir, pemilik mobil disarankan untuk menata kembali barang-barang yang tidak terpakai di dalam kabin kendaraan.

Pasalnya, barang-barang yang memenuhi kabin mobil bisa saja membuat kendaaraan Anda tidak rapi. Maka tipsnya adalah mengeluarkan beberapa barang yang sebenarnya tidak perlu-perlu banget.

Baca: 7 Tips Memeriksa Kaki-kaki Mobil Bermasalah dengan Baik dan Benar

ANTARA

#Tips
#Mobil
#Lebaran
#Ban Mobil
#Tips Merawat Mobil

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi