7 Tips Memeriksa Kaki-kaki Mobil Bermasalah dengan Baik dan Benar
Reporter: Antara
Editor: Rafif Rahedian
Selasa, 11 Mei 2021 19:57 WIB
Memeriksa kondisi kaki-kaki mobil dengan menggunakan teknologi Hunter Quick Check. SUmber: bisnis.com

GOOTO.COM, Jakarta - Memeriksa kaki-kaki mobil bersmasalah adalah salah satu hal penting bagi para pengendara. Karena, itu akan sangat berpengaruh bagi kenyamanan perjanalanan Anda.

Kali ini, di tengah larangan mudik, ada baiknya jika para pemilik mobil memanfaatkan waktu libur lebarannya dengan memeriksa kaki-kaki mobil bermasalah.

Lalu bagaimana tips dan cara melakukan pemeriksaan terhadap kaki-kaki mobil bermasalah tersebut? Berikut ulasannya khusus untuk Anda.

Bearing

Bearing adalah salah satu bagian yang menjadi tumpuan roda, sehingga mempengaruhi putaran ban saat sedang berjalan. Maka dari itu, bearing sangat penting diperiksa secara berkala.

Tips untuk memeriksa kerusakannya adalah dengan cara memperhatikan putaran setiap roda menggunakan dongkrak. Jika terdengar suara mengganggu, maka Anda disarankan untuk mengganti bearing.

Shockbreaker

Selanjutnya, untuk mengetahui apakah suspensi mobil Anda mengalami masalah, maka caranya adalah memacu mobil dengan kecepatan tinggi.

Apabila terdengar suara bising, maka dapat dipastikan bahwa shockbreaker mobil Anda sudah waktunya diganti.  

Per

Kerusakan per dianggap sangat jarang terjadi dan sulit untuk dideteksi. Kerusakannya baru akan terlihat jika ulir per daun patah.

Itu biasanya disebabkan oleh menipisnya komponen, bushing pecah, bantalan per rusak hingga selang terlilit pada bagian spiral.

Bushing Arm

Kerusakan bushing arm bisa Anda lihat dengan cara mengamati arah laju mobil. Jika mobil terlihat tidak lurus, maka ini bisa menjadi tanda bushing arm mobil Anda harus diperbaiki.

Ban

Mengecek kerusakan ban tidak hanya sekedar gundul atau tidak. Akan tetapi, Anda juga harus memperhatikan tie rod dan tie long riod.

Tie rod sendiri adalah bagian yang menyinkronkan antara ban dengan setir mobil. Periksalah dengan menggunakan dongkrak, dan gerakkan ban itu ke kanan atau kiri. Jika terdengar suara gesekan, lebih baik Anda perbaiki secepatnya.

Ball Joint

Ball joint memiliki tugas untuk mengikat as roda mobil dan mempertahankannya saat roda mobil berbelok.

Pengecekan ball joint ini juga harus menggunakan dongkrak. Lalu, Anda diminta untuk menekan ban ke atas dan ke bawah. Jika naik turun ban itu memiliki jeda yang jauh, maka itu adalah masalah.

Velg

Pengecekan velg mungkin menjadi salah satu yang paling mudah. Karena, Anda diminta untuk memperhatikannya saat mobil sedang berjalan.

Apabila velg tersebut terlihat goyang akibat peyang, maka Anda diminta untuk segera menggantinya. Jika dibiarkan, maka itu akan berpengaruh pada kendali mobil.

Baca: Jangan Dibuang! Berikut Tips Mendaur Ulang Bagian Mobil yang Terbengkalai

ANTARA

#Kaki-kaki Mobil Bermasalah
#Mobil
#Tips
#Shockbreaker
#Velg

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi