Jangan Dibuang! Berikut Tips Mendaur Ulang Bagian Mobil yang Terbengkalai
Reporter: Tempo.co
Editor: Rafif Rahedian
Sabtu, 8 Mei 2021 16:03 WIB
Sisa-sisa dari rongsokan mobil yang berada di halaman perusahaan penggeledahan di Laxenburg, Austria 31 Mei 2017. REUTERS/Leonhard Foeger

GOOTO.COM, Jakarta - Apabila kalian memilki mobil tua yang sudah tidak terpakai, mungkin akan sangat melelahkan untuk mengurusnya. Bahkan, beberapa dari mereka memilih untuk mengacuhkannya, sehingga membuat kendaraan itu semakin terbengkalai.

Bagi orang yang tidak ingin ambil pusing, maka mereka kemungkinan besar akan membuangnya ke tempat mobil-mobil rongsokan. Namun hal ini seharusnya tidak perlu dilakukan. Karena, Anda masih bisa mendaur ulang beberapa bagian mobil yang sudah terbengkalai.

Untuk lebih lengkapnya, redaksi Gooto.com mencoba untuk merangkum tips mendaur ulang bagian mobil yang sudah terbengkalai. Berikut ulasannya khusus untuk para penggemar dunia otomotif.

Oli Mobil

Salah satu bagian mobil yang bisa didaur ulang adalah oli. Ya, mungkin sebagian orang sudah sering menggunakan oli bekas sebagai pelumas rantai motor atau sepeda, hingga rail pagar rumah. Tanpa sadar, mereka pun sudah mendaur ulang bagian mobil yang sudah tak terpakai.

Jok Mobil

Jok mobil nyatanya juga bisa bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari kalian. Anda bisa saja mendaur ulang bagian ini menjadi busa karpet lantai hingga kursi santai untuk bekerja.

Aki Mobil

Aki mobil yang sudah habis dan tidak terpakai seharusnya tidak dibuang sembarangan. Mengingat, hal itu bisa menjadi sebuah limbah lingkungan. Daripada dibuang, mungkin Anda lebih baik mengembalikannya ke dealer, agar didaur ulang menjadi aki mobil baru.

Besi Tua Mobil

Besi adalah salah satu bagian yang tak terhindarkan dari mobil. Salah satu besi yang hadir di mobil adalah gagang pintu. Jika mobil Anda terbengkalai, maka pastikan jika bagian besi itu tidak terbuang sia-sia. Karena bagian itu bisa didaur ulang menjadi bahan bangunan dan bahan baku pembuatan besi batangan.

Ban Bekas

Ban bekas bakal menjadi bagian yang paling diincar oleh pengepul barang rongsokan. Mengingat, fungsi ban bekas ini sangat bermanfaat sekali. Salah satunya adalah dengan menjadikannya sebagai bahan pembuatan karpet lem, bahan dasar aspal jalanan.

Kaca Mobil

Kaca mobil yang mugkin sudah retak, masih bisa didaur ulang menjadi sesuatu yang bermanfaat. Salah satunya adalah dengan menjadikannya sebagai bahan pembuatan karpet lem, batok kaca, hingga bahan dasar blok beton.

Baca: Tanda-tanda Van Belt Motor Matik Mulai Rusak

Autohowstuffworks

#Tips
#Daur ulang
#Daur Ulang Mobil Bekas
#Oli Mobil
#Ban Bekas

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi