Ini Penyebab Bagian Kaki-kaki Toyota Starlet Bunyi
Reporter: Wisnu Andebar
Editor: Wawan Priyanto
Kamis, 14 Maret 2019 14:37 WIB
Pemilik bengkel Kandang Abutak, Tyo sedang melakukan servis Toyota Starlet. 8 Maret 2019. TEMPO/Wisnu Andebar

GOOTO.COM, Jakarta - Beberapa masalah yang sering dialami oleh pengguna Toyota Starlet adalah pada bagian kaki-kaki. Umumnya dimulai dengan bunyi yang mengganggu hingga tidak nyaman saat berkendara.

Menurut Tyo, pemilik bengkel spesialis Toyota Starlet Kandang Abutak, bunyi itu disebabkan oleh beberapa faktor, satu di antaranya adalah kaki-kaki yang sudah mengalami kerusakan.

“Mulai karet bushing arm yang oblak, rack end oblak, shockbreaker mati, support shock pecah, bearing roda oblak, dan rack steer oblak,” ujarnya kepada Tempopada Senin, 11 Maret 2019.

Baca: Keren, Toyota Starlet 1990 Ini Sabet Gelar Best Original

Untuk megatasinya, lanjut Tyo, harus segera melakukan perbaikan kaki-kaki. Jasa perbaikan kaki-kaki di bengkel Kandang Abutak dibanderol Rp 50 ribu belum termasuk sparepart.

Ia menambahkan, sebagian sparepart kaki-kaki Toyota Starlet bisa dikanibal dengan part mobil lain. Misalnya pakai milik Toyota Soluna dan Toyota Kijang. Bagian lainnya seperti kabel speedometer bisa pakai milik sedan Timor.

Baca: Begini Cara Menyiasati Mesin Toyota Starlet yang Sering OverheatTyo juga berbagi tip untuk mengenali kaki-kaki Toyota Starlet yang sudah mulai melemah. Gejalanya bisa dikenali seperti stir tidak dapat stabil ketika melaju di jalan yang rata.

“Di jalan tol stir tidak bisa lurus (ngebuang), kemudian saat kondisi jalan tidak rata bunyi berisik seperti benda keras saling beradu, dan putaran stir berat serta tidak mau balik sendiri,” ujarnya.

Penanganannya sama seperti di atas, Toyota Starlet yang kaki-kakinya bermasalah harus segera diperbaiki agar kembali nyaman dikendarai.

#Toyota Starlet
#Kaki-kaki Mobil Bermasalah

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi