Bengkel Ini Tawarkan Perbaikan Toyota Starlet, Biaya Bersahabat
Reporter: Wisnu Andebar
Editor: Wawan Priyanto
Senin, 11 Maret 2019 12:19 WIB
Toyota Starlet tahun 1990 milik Eki Kuwe pertahankan sisi original. Banyak memenangi lomba. 8 Maret 2019. TEMPO/Wisnu Andebar.
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Bagi pemilik Toyota Starlet yang baru saja meminang mobilnya dengan keadaan yang kurang baik, bisa melakukan restorasi di bengkel sepsialis Toyota Starlet, Kandang Abutak.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

“Di bengkel ini, restorasi yang dilakukan, pertama meliputi poles bodi supaya lebih kinclong. Namun tidak menerima repaint, namun ada bengkel rekomendasi dari kami,” kata pemilik Kandang Abutak, Tyo kepada Tempo di Telajung, Cikarang Barat, Bekasi pada Jumat, 8 Maret 2019.

Kemudian, perbaikan bagian kaki-kaki, dibuat nyaman dan normal kembali dengan melakukan pembaruan. “Tapi ada juga yang ingin dibuat ceper,” ujarnya.

Baca: Keren, Toyota Starlet 1990 Ini Sabet Gelar Best Original

Bagian mesin juga dicek, mulai pengapian hingga ada kebocoran oli atau tidak. Tak kalah penting AC mobil juga diperbaiki, karena menurut Tyo, supaya nyaman saat bawa keluarga.

Intinya, tambah dia, mobil dibuat sehat dan nyaman saat dikendarai. “Biaya restorasi gak mahal, dibanderol mulai Rp 1-2 juta,” tuturnya. 

Bengkel ini spesialis mengerjakan perawatan Toyota Starlet. Pemilik Kandang Abutak, Tyo, mengatakan bahwa bengkel miliknya merupakan spesialis Starlet tapi juga lebih ke tempat sharing atau ngopi bersama teman-teman pengguna Starlet khususnya wilayah Jabodetabek.

“Di sini melayani apa saja kecuali repaint. Seperti perbaikan kaki-kaki, turun mesin, tune-up, over haul, dan kelistrikan,” ujarnya. 

Baca: Begini Cara Menyiasati Mesin Toyota Starlet yang Sering Overheat

Untuk masalah biaya, lanjut dia, tune-up dibanderol Rp 120 ribu, perbaikan kaki-kaki Rp 50 ribu. “Tune-up meliputi stel klep, setting pengapian, menyetel sekaligus membersihkan karburator dan busi , kalau kaki-kaki dilihat dulu yang rusak apa baru diganti, biasanya rack end, tie rod, ball joint,” katanya.

Sedangkan servis besar atau oversize dibengkel ini, untuk jasanya saja dibanderol Rp 800 ribu belum termasuk sparepart. Harga partnya saja yang original dibanderol mulai Rp 3,6-4 juta, yang diganti, kata Tyo, stang piston dan piston, ring piston, dan packing set engine.

Ia selalu menganjurkan, untuk bagain mesin sparpart harus memakai yang original. Karena menurut dia, secara lifetime atau usia pakai lebih awet dan lebih kuat.

Suplay sparepart Toyota Starlet di Kandang Abutak didapatkan dari toko yang sudah menjadi langganannya, jadi tidak sulit untuk mendapatkan stok. “Sparepart sudah punya langganan toko, baik online atau bukan, jadi barang langsung dikirim ke bengkel, kita tidak usah datengin tokonya,” tuturnya.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi