Bikin Toyota Starlet Lebih Ceper, Ini Kalkulasi Biayanya
Reporter: Wisnu Andebar
Editor: Yudono Yanuar
Selasa, 5 Maret 2019 08:54 WIB
Toyota Starlet tahun 1990 modifikasi milik Ryan Sanjaya. (Dok Pribadi)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Pamor Toyota Starlet tak lekang termakan zaman. Meski berumur 30-an tahun, Toyota Starlet masih menjadi simpanan kebanggaan bagi penggemarnya. 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Tak jarang pula pemilik Starlet memodifikasinya  dengan tampilan lebih sporty. Seperti yang dilakukan Ryan Sanjaya ini. Ia mengubah Starlet tahun 1990 miliknya menjadi lebih ceper. 

Ryan tak punya konsep khusus pada mobil cepernya ini. "Konsepnya suka-suka," kata Ryan kepada Tempo, Senin, 4 Maret 2019. 

Ryan menjelaskan beberapa ubahan yang dilakukan meliputi cat eksterior, per, dan velg. “Total biaya yang dikeluarkan hanya kisaran Rp 5-7 juta saja,” ujarnya. 

Baca: Gantengnya Toyota Avanza Tigre, Tak Kalah dari Mitsubishi Xpander

Ryan yang juga tergabung dalam Cibubur Starlet Rider (CSR) ini mengubah velg mobilnya menggunakan velg TE 37 Rays R15 dengan lebar 7 inci di depan, dan 8 inci belakang. Sedangkan ban memakai Accelera berukuran 165/50 depan, 175/55 belakang.

Toyota Starlet tahun 1990 modifikasi milik Ryan Sanjaya. (Dok Pribadi)

Ia melanjutkan, semua didapatkan dengan harga yang bersahabat, untuk satu set velg dan ban hanya dibanderol Rp 4-5 juta. “Karena didapatkan melalui teman komunitas Starlet yang kebetulan mempunyai toko velg yaitu Faiz Jaya Ban, tepatnya berada di Jalan Raya Alternatif Cibubur,” katanya 

Di bagian suspensi, Ryan menggunakan per kustom dari bengkel Sef Otomotif yang berlokasi di Pasirangin, Cileungsi, Bogor. Sehingga meski ceper, kenyamanan suspensi tetap terjaga.

Baca: Toyota Avanza Crossover Sudah Dijual di Malaysia, Kapan Tigre?

Menurutnya, bengkel ini ahlinya dalam modifikasi ceper beraliran Damn Low. Selain itu, bengkel ini juga sering menyabet tropi dari acara modifikasi ceper kelas Damn Low dari hasil kreativitas tangannya.

Untuk pengecatan, ia melakukan sendiri di rumah saat waktu kosong, Jadi menurutnya, biaya pengecatan tidak terlalu banyak. Ia memakai cat epoxy sebanyak 1,5 kilogram, cat warna biru 2 kilogram dan pernis doff 2 kilogram yang kira-kira berharga sekitar Rp 1,5 juta.  Toyota Stralet ceper berwarna biru pun siap jalan-jalan. 

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi