Setir Mobil Berat Saat Dibelokkan, Cek Kerusakan di Rack Steer
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Jobpie Sugiharto
Rabu, 19 Oktober 2022 17:55 WIB
Ilustrasi setir mobil (Hyundaimobil.co.id)

GOOTO.COM, Jakarta - Rack steer adalah komponen penting mobil yang berfungsi sebagai penghubung kemudi atau setir mobil dengan roda serta kaki-kaki mobil.

Cara kerja komponen ini mengarahkan ban mobil untuk berbelok, sehingga proses pemutarannya akan sesuai dengan lingkar kemudi mobil.

Komponen rack steer perlu dirawat sebaik mungkin lantaran cukup berbahaya jika mengalami kerusakan. Saat rack steer mengalami kerusakaan, maka kinerja power steering menjadi tidak maksimal dan arah ban tidak sesuai dengan kemudi mobil.

Ada beberapa ciri-ciri apabila rack steer mengalami kerusakan. Berikut detailnya, dikutip dari laman Auto2000 hari ini, Rabu, 19 Oktober 2022.

1. Muncul Suara dari RodaJika terdengar suara memekik atau berdengung pada bagian roda saat mobil melaju, maka rack steer mobil mengalami masalah. Segera periksa kondisi rack steer ke bengkel resmi terdekat jika terjadi ciri-ciri seperti ini.

2. Setir Mobil BergetarGetaran pada setir saat mengendarai mobil menjadi pertanda bahwa drive belt mobil bermasalah. Drive belt ini membutuhkan tegangan yang tepat agar bisa bekerja dengan optimal. 

3. Setir Terasa Berat saat DibelokkanSaat setir mobil terasa belok ketika dibelokkan, maka ada indikasi terjadi kerusakan di rack steer mobil. Saat hal itu terjadi, mobil tidak bisa berjalan dengan lurus meski setir sudah dalam kondisi lurus, bahkan roda mobil akan berjalan sendiri ke arah kiri atau kanan.

4. Gigi Pinion dan Harmonika TumpulKedua komponen ini bisa tumpul lantaran saling bergesekan tanpa adanya pelumas akibat debu yang menempel saat setir dioperasikan. Agar bisa berfungsi normal kembali, gigi pinion harus dicor kembali agar membentuk gigi baru.

Penahan oli mobil juga perlu diganti dengan yang baru. Pergantian ini dilakukan khusus untuk mobil yang masih menggunakan power steering model fluida. Pengecoran gigi pinion dan pergantian penahan oli perlu dilakukan di bengkel resmi untuk ditangani teknisi profesional.

Baca: Ketahui 5 Penyebab Setir Mobil Anda Terasa Berat

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

#Setir mobil
#Setir Bergetar
#Auto2000
#Kaki-kaki Mobil Bermasalah
#Power Steering
#Rack Steer
#Roda Mobil

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi