Keselamatan Berkendara: Tips Mengatasi Getaran Setir Mobil Saat Direm
Reporter: Gooto.com
Editor: Rafif Rahedian
Kamis, 14 Oktober 2021 19:05 WIB
Berbagai tombol pengaturan di setir All New Nissan Livina memudahkan pengemudi untuk mengoperasikan fitur-fitur hiburan di dalam mobil. TEMPO/Wawan Priyanto.

GOOTO.COM, JakartaMobil dinyatakan bermasalah ketika menimbulkan getaran di bagian setir saat pedal rem diinjak. Ada beberapa penyebab utama yang membuat kondisi seperti itu terjadi.

Pertama, rotor rem telah menipis. Rotor rem sendiri adalah komponen berbentuk lempengan bulat yang berfungsi menekan velg mobil. Menipisnya rotor rem pun bisa menyebabkan getaran hingga bagian setir.

Selanjutnya, adanya kerusakan shockbreaker bagian belakang. Ketika komponen ini tak lagi bisa meredam kejut, maka muncul sebuah getaran di bagian setir. Jika dibiarkan terlalu lama, setir bisa saja sulit untuk dikendalikan.

Agar bisa mengantisipasi hal tersebut, kali ini redaksi Gooto.com mencoba untuk merangkum tips keselamatan berkendara dalam mengatasi getaran pada setir mobil saat direm. Berikut ulasannya, dilansir dari Auto2000.

Ganti Rotor Rem

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, rotor rem bisa menipis jika sudah terlalu lama digunakan. Maka dari itu, pengendara wajib mengecek dan menggantinya bila kondisi komponen tersebut sudah tak memungkinkan.

Apabila rotor rem yang rusak, maka pemilik kendaraan harus cepat-cepat menggantinya. Karena hal itu bisa memicu kerusakan pada sistem pengereman lainnya.

Melakukan Pelapisan Ulang

Tips selanjutnya untuk mengantisipasi getaran pada setir mobil saat pengereman, adalah melakukan pelapisan ulang pada rotor rem yang sudah menepis. Langkah ini bisa dilakukan jika komponen belum rusak parah.

Pemilik mobil pun diminta untuk melapisi ulang bagian rotor rem untuk menambal lapisan logam yang telah menipis. Namun, jika rotor rem sudah sangat tipis, maka disarankan untuk diganti dengan yang baru.

Melumasi Guide Pin

Terakhir, pengemudi bisa melumasi bagian guide pin dengan pelumas khusus. Anda disarankan untuk tidak membiarkan komponen ini mengering, demi menjaga kestabilan setir mobil.

Guide pin sendiri berfungsi untuk menyalurkan energi gerak dari pedal rem menuju rotor. Maka dari itu, komponen ini harus dijaga agar tidak kering dan terkena korosi.

Baca: Antisipasi Kecelakaan, Yamaha Berikan Tips Keselamatan Berkendara

AUTO2000

#Keselamatan Berkendara
#Tips
#Setir mobil
#Mobil
#Setir
#Setir Bergetar

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi