Langkah Dasar dalam Keselamatan Berkendara Saat Mengemudikan Mobil
Reporter: Gooto.com
Editor: Rafif Rahedian
Selasa, 12 Oktober 2021 13:54 WIB
Trainee Maria al-Faraj menghentikan mobil di tanda berhenti selama pelajaran mengemudi di Saudi Aramco Driving Center di Dhahran, Arab Saudi, 6 Juni 2018. REUTERS/Ahmed Jadallah

GOOTO.COM, JakartaKeselamatan berkendara menjadi hal paling utama yang harus diperhatikan oleh para pengemudi mobil atau motor. Itu dilakukan agar pengendara terhindar dari kecelakaan fatal di jalan raya.

Angka kecelakaan saat ini diketahui masih cukup tinggi. Kebanyakan penyebabnya adalah faktor kesalahan manusia. Maka dari itu, ada cara yang harus dibenahi dalam keselamatan berkendara setiap orang.

Safety riding menjadi kunci bagi pengendara yang cukup sering menghabiskan waku di jalan. Pengetahuan tentang keselamatan berkendara ini memang beragam, namun intinya tetap sama-sama menghindari kecelakaan.

Oleh karena itu, redaksi Gooto.com mencoba untuk merangkum beberapa langkah dasar keselamatan berkendara yang harus dilakukan pengemudi mobil. Berikut ulasannya, seperti dilansir dari Auto2000.

1. Posisi Duduk

Langkah pertama yang harus dilakukan oleh sopir sebelum mengemudi adalah posisi duduknya. Pastikan jika posisinya sudah nyaman, sehingga tidak mengganggu konsentrasi di tengah-tengah perjalanan Anda.

Tips mencari posisi duduk yang benar adalah posisi kaki harus pas, dan tangan yang memegang setir juga harus di bawah jantung. Bagian punggung pengendara pun dharus tersandar seluruhnya, agar tak mudah pegal.

2. Cara Mengemudi

Langkah selanjutnya yang harus diperhatikan sopir adalah cara mereka mengemudi. Anda harus memahami bagaimana cara belok yang benar dalam beberapa kondisi berbeda.

Ada dua cara untuk berbelok, yakni pull down dan push up. Pull down memiliki arti bahwa pengemudi memegang setir dari bagian atas, lalu ke bawah, sedangkan push up, sebaliknya.

3. Sikap Mengemudi

Sikap tentunya bisa menjadi salah satu faktor yang membuat marabahaya menghampiri Anda. Maka dari itu, pastikan jika Anda tidak terbawa emosi saat terjebak di kemacetan.

Tak hanya itu, pengemudi juga disarankan untuk mengontrol laju mobilnya dengan kecepatan normal. Siakp mengemudi seperti ini tentunya akan menghindarkan Anda dari hal negatif di jalan.

4. Pahami Cara Menyalip

Menyalip adalah salah satu teknik yang juga harus dipahami untuk kesleamatan berkendara. Langkah awalnya adalah menjaga jarak aman dan memberikan tanda untu mendahului.

Setelah itu, putar kemudi dengan lembut lalu salip kendaraan lain. Namun Anda diwajibkan mengecek situasi sekitar. Jika sekiranya peluang menyalipnya sulit, maka kalian disarankan untuk bersabar terlebih dahulu.

5. Mengenali Mobil Anda

Tips keselamatan berkendara terakhir adalah mengenali mobil pribadi Anda masing-masing. Karena, setiap kendaraan memiliki perbedaan, sehingga kalian harus memahami betul kondisi mobil.

Sebagai contoh, beberapa mobil memiliki dalamnya injakan kopling yang berebeda-beda. Maka dari itu, Anda harus terbiasa dengan setelan mobil Anda agar tidak kesulitan saat memindahkan gigi.

Baca: Tips Merawat Rantai Motor Agar Tetap Bersih dan Bekerja Optimal

AUTO2000

#Keselamatan Berkendara
#Mobil
#Mengemudi
#safety riding
#Pengendara

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi