Tips Keselamatan Berkendara Saat Nyetir Mobil di Tengah Hujan Lebat
Reporter: Gooto.com
Editor: Rafif Rahedian
Selasa, 5 Oktober 2021 17:38 WIB
Pengendara motor dan mobil menerjang hujan saat melintasi kawasan Bundaran HI, di Jakarta, Ahad, 24 Januari 2021. Kepala Pusat Informasi Perubahan Iklim Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dodo Gunawan menyampaikan, curah hujan di Jakarta dalam 10 hari ke depan diprediksi merupakan kategori menengah. TEMPO/Muhammad Hidayat

GOOTO.COM, Jakarta - Sejumlah wilayah di Jabodetabek dalam beberapa hari ke belakang mulai dilanda hujan lebat. Situasi ini nyatanya juga harus dipersiapkan oleh para pengendara yang kerap kali menghabiskan waktunya di jalan.

Khusus bagi pengguna mobil, ada beberapa tips keselamatan berkendara yang harus diperhatikan. Karena, ada beberapa hal yang wajib dipahami pengmudi kendaraan roda empat di tengah hujan lebat.

Untuk lebih lengkapnya, berikut redaksi Gooto.com bakal memberikan tips keselamatan berkendara saat mengemudikan mobil di tengah hujan lebat. Berikut ulasannya, dilansir dari Auto2000:

  1. Fokus

Langkah pertama yang harus diperhatikan adalah tingkat fokus pengendara. Setiap pengemudi mobil disarankan untuk waspada terhadap situasi di sekitarnya.

Tingkat fokus yang tinggi wajib dimiliki setiap pengemudi, terutama saat bermanuver di tengah hujan lebat. pengendara harus memperhatikan situasi di sekitar sebelum memutuskan untuk bermanuver, demi terhindar dari kecelakaan.

  1. Kurangi Kecepatan

Ketika hujan lebat melanda, para pengemudi mobil disarankan untuk mengurangi kecepatan. Karena, hal ini bisa membuat pengendara memiliki kontrol lebih baik saat menyetir.

Saat hujan turun, performa kendaraan juga berpotensi menurun, seperti misalnya kinerja ban dan rem. Dengan menjaga kecepatan, maka pengendara mobil bisa meminimalisir adanya kecelakaan.

  1. Jaga Jarak

Tips keselamatan berkendara ketiga adalah menjaga jarak aman dengan pengendara lain. Pasalnya, jarak pandang pengemudi kemungkinan bakal terganggu saat hujan lebat.

Setiap pengendara disarankan untuk tidak terlalu dekat dengan mobil di depannya. Hal ini dilakukan agar pengemudi tidak melakukan pengereman secara mendadak.

  1. Pastikan Wiper Bekerja dengan Baik

Terakhir, hal penting yang wajib dilakukan para pengemudi adalah memastikan kinerja wiper. Alat tersebut memang begitu penting agar pandangan sopir tetap terjaga selama berkendara di saat hujan lebat.

Baca: Memasuki Cuaca Ekstrem, Bagian Mobil Ini Perlu Diperhatikan secara Khusus

AUTO2000

#Keselamatan Berkendara
#Tips
#Menyetir
#Mobil
#Hujan Lebat

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi