Setir Mobil Mobil Tak Lurus, Ini yang Harus Diperiksa
Reporter: Gooto.com
Editor: Atalla Suwarmo Soefeno
Selasa, 23 April 2019 08:38 WIB

GOOTO.COM, Jakarta - Beberapa hal yang patut diperhatikan agar posisi setir selalu dalam keadaan mantap dan lurus. Pastinya akan meresahkan saat mengemudi mobil Anda, setir terasa lari ke kiri dan ke kanan. Kondisi setir juga mengindikasikan bahwa keausan pada setiap ban tidak merata, dan disertai dengan gejala getaran pada permukaan ban.

Baca: Setir Pintar untuk Mobil Berukuran Kecil

Sebelum melakukan pengecekan lewat alat, lihat kembali data dan spek spooring dari setiap manufaktur kendaraan, alat spooring yang telah dikalibrasi, gunakan alat pengukur ban, perhatikan spesifikasi ban, lakukan balancing, periksa tie rod dan ball joint. 

Data spooring dari manufaktur kendaraan.

Untuk memastikan agar hasil spooring sempurna. Pastikan sebelum pengerjaan tersebut dilakukan, terlebih meminta teknisi spooring untuk menginput angka data spooring yang bisa didapat dari setiap manufaktur kendaraan ke perangkat alat spooring. Dengan melakukan hal tersebut, maka dapat dibuktikan bahwa hasil spooring-nya pun juga lebih akurat. Ini dikarenakan angka spek spooring pada setiap kendaraan telah disesuaikan dengan konstruksi dan struktur desain pada bagian setir di mobil Anda. Jika hal tersebut sudah dilakukan, umumnya pengerjaan spooring dapat diselesaikan dalam waktu yang relatif pendek.

Periksa kondisi kaki – kaki.

Pastikan kondisi kaki – kaki seperti tie rod, ball joint dan link stabilizier dalam kondisi yang sempurna. Gejala kerusakan pada bagian tersebut dapat terdeteksi dari terdengarnya suara kasar saat melintasi kondisi permukaan yang tidak rata atau saat mendongrak mobil Anda lalu gerakan posisi roda depan atas dan ke bawah. Jika dirasakan ada yang goyang, maka salah satu dari bagian tersebut ada yang rusak . Jika proses pengerjaan spooring telah dilakukan sesuai prosedur, namun posisi setir tetap tidak lurus pada permukaan jalan yang tidak rata. Maka periksa kembali kondisi kaki – kaki pada mobil Anda.

Baca: Inilah Pengganti Setir Mobil Model Bulat yang Akan Punah

Spesifikasi ban.

Jika berpikiran untuk mengganti ban, ada baiknya Anda harus mengenali calon ban yang akan dibeli bukan berarti ban yang dipajang atau pun yang akan dibeli. Bukan berarti ban yang dipajang atau pun yang akan dibeli benar – benar baru, tapi lihat dulu kode tanggal produksinya. Sebagai contoh C4304. Untuk 4 digit terakhir mengandung makna, 43 = minggu ke–43, 04= tahun 2004. Selain itu Anda harus mengetahui spek mobil Anda.

Sebagai contoh:

195/60R15 88 H

195 = lebar tapak tangan dalam mm

60= aspek ratio tinggi terhadap lebar

R=radial

15= diameter ban

88=load index =560 kg

H =speed rating 210 km/jam


 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi